Penggunaan Metode Pembelajaran Cerdas Cermat Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Inggris (Reading) Pada Mahasiswa Semester II Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Taman Siswa Bima 2018/2019
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar bahasa Inggris (reading) mahasiswa semester II program studi pendidikan bahasa Inggris STKIP Taman Siswa Bima tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah pre-eksperimen dengan desain one pretest-posttest. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa semester II dengan jumlah 20 orang yang terdiri dari satu kelas. Sebelum penerapan metode pembelajaran cerdas cermat terlebih dahulu akan diberikan pretest untuk mengukur kemampuan awal mahasiswa, kemudian diberikan treatment dan posttest untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar mahasiswa. Hasil dari penelitian ini di dapatkan peningkatan 85% terhadap hasil belajar dan motivasi belajar mahasiswa.
References
Mujahid. (2017). Penggunaan Teknik Cerdas Cermat Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar siswa pada Matapelajaran Bahasa Indonesia Kelas III SDN I Dena Kecamatan Madapangga Tahun Pelajaran 2017/2018. Unpublish Skripsi. STKIP Taman Siswa Bima.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Taufik Firdaus. (2011). Model Pembelajaran Menyampaikan Pendapat Dalam Pembelajaran Berbicara Dengan Menggunakan Metode Cerdas Cermat Pada Siswa Kelas VIII SMPN 2 Banyuresmi. Jurnal Pendidikan Bahasa, vol 4, nomor 2, oktober 2011,hlm 166-175
Copyright (c) 2019 Seminar Nasional Taman Siswa Bima
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.