Pembelajaran Matematika Strategi React Berbantuan Cabri 3d Untuk Melatihkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan proses dan hasilĀ pengembangan perangkat pembelajaran kooperatif strategi REACT dengan bantuan Cabri 3D untuk melatihkan kemampuan koneksi matematis siswa yang berkualitas baik; (2) mendeskripsikan keefektifan pembelajaran kooperatif strategi REACT dengan bantuan Cabri 3D untuk melatihkan kemampuan koneksi matematis siswa; (3) mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa setelah pembelajaran kooperatif strategi REACT dengan bantuan Cabri 3D. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran , Lembar Kerja Siswa, dan Tes Hasil Belajar. Perangkat pembelajaran dikembangkan dengan meggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri atas lima fase yaitu investigasi awal, desain, realisasi, fase tes, evaluasi, revisi, dan implementasi. Subjek penelitian untuk kelas uji coba adalah 24 orang siswa kelas VIII-6 dan subjek penelitian untuk kelas implementasi adalah 24 siswa kelas VIII-5. Berdasarkan analisis deskriptif diperoleh bahwa proses pengembangan perangkat pembelajaran telah menghasilkan perangkat pembelajaran yang baik karena memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Sedangkan analisis deskriptif pada kelas implementasi diperoleh bahwa pembelajaran kooperatif strategi REACT dengan bantuan cabri 3D efektif untuk diajarkan. Pembelajaran dikatakan efektif karena keterlaksanaan pembelajaran oleh guru dan siswa berada pada kategori baik, respon siswa terhadap pembelajaran positif, dan ketuntasan belajar secara klasikal tercapai. Serta dapat melatihkan kemampuan koneksi matematis siswa.
References
Crawford, M. L. (2001). Teaching contextually: research, rationale, and techniques for improving student motivation and achievement in mathematics and science. Texas: CCI Publishing, Inc.
Joubert, M. (2009). Students Learning of Mathematics in Classroom Where Computer Used. Proceeding of the 33rd Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Eduacation. Greece.
NCTM. (2000). Principle and Standard for School Mathematics. Reston: The National Council of Teacher Mathematics.
Rohendi, D., & Dulpaja. (2013). Connected Mathematics Project (CMP) Model Based on Presentation Media to the Mathematical Connection Ability of Junior High School Student. Journal of Education and Practice, 4 (4), 17-22.
Sanjaya, W. (2009). Perencaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Sawyer, A. (2008). Making Connection: Promomting Connectedness in Early Mathematics Education. Annual Conference of the Mathematics Education Research, 429-435.
Walmsley, A. L. E., & Muniz, J. (2003). Cooperatif Learning and Its Effect in a High School Geometry Clasroom. The National Council of Teachers of Mathematics, 96(2), 112-116.
Copyright (c) 2019 Seminar Nasional Taman Siswa Bima
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.