Implementasi Nilai Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri I Palibelo

  • Nurnaningsih STKIP Taman Siswa Bima
  • Nahrul Faidin STKIP Taman Siswa Bima
Keywords: Pendidikan karakter, Kurikulum 2013, Pelajaran Sejarah

Abstract

Peneitian ini bertujuanuntuk mengetahui Implementasi Nilai Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013 pada mata pelajaran Sejarah dilihat dari aspek perencananaan, pelaksanaan dan Evaluasi di SMA Negeri I Palibelo. Metode penelitian menggunakan Kualitatif Diskriptif. Menekankan makna dan melibatkan proses penelitian lapangan. Penelitian kualitatif selalu mengarah pada kondisi objek kenyataan. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara dan analisis dokumen.Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Nilai pendidikan karakter dalam kurikulum 2013 di SMA N 1 Palibelo dapat dilihat dari tiga aspek yaitu 1) Perencanaan pendidikan karakter merupakan tahapan Guru SMA N 1 Palibelo dalam menyusun Silabus dan RPP yang memuat nilai-nilai karakter yang diterapkan saat proses pembelajaran2) Penerapan pendidikan karakter dalam proses pembelajaran dilakukan dalam tiga kegiatan yaitu pelaksanaan melalui kegiatan apersepsi, kegiatan Inti dan penutup. Adapun nilai-nilai karakter yang dikembangkan dalam proses pembelajaran meliputi: religious, displin, kejujuran, pantang menyerah, rasa ingin tau, dan tanggung jawab. 3) Evaluasi/penilaian yang dilaksanakan oleh guru dengan cara tes langsung dan non tes. Tes langsung untuk mengetahui nilai kognitif dan keaktifan siswa. Sedangkan non tes untuk mengetahui nilai sikap siswa dalam keseharian. Teknik penilaian yang diterapkan dalam evaluasi hasil pembelajaran yang berdimensi pendidikan karakter SMAN I Palibelo kriteria baik.

References

EFLContext. Department of Studies in Linguistics, University of Mysore, INDIAAvailable online at: www.isca.in, www.isca.me
Ellies, R. 2008. Second Language Acquisition. Oxford: Oxford University
Lightbown, P.M and Spada, 2001. How Language are Learned. (Second edition) Oxford: Oxford University.
Schunk, D.H. 2012. Learning Theories: An Educational Research Perspective. (Sixth Edition). Boston: Pearson Education
Sterns, H.H. 1983. Fundamental Concepts of Language Teaching. London. Oxford University Press
Thornburry, S. 2002. How to Teach Vocabulary. England: person Education Limited.
https://dianingpadmi.wordpress.com/eedduuccaattiioonn/studentsE28099-difficulties-in-speaking-english-and-how-to-solve-it/Hetrakul.1995 accessed on 28-08-2019
http://www.englishcafe.co.id/hambatan-belajar-bahasa-inggris/ accessed on 28-08-2019.
Published
2019-09-23