Pengembangan Media Papan Fabel dalam Pembelajaran Tematik Untuk Siswa Kelas I Sekolah Dasar
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa media papan fabel dalam pembelajaran tematik. Media dikembangkan dengan model prosedural yaitu model yang bersifat deskriptif dengan menunjukkan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Media pembelajaran yang telah dikembangkan divalidasi oleh ahli media, ahli materi dan ahli pembelajaran tematik SD serta diujicobakan pada siswa. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif. Media papan fabel merupakan media tematik yang mengintegrasikan mata pelajaran Matematika, IPA, Bahasa Indonesia dan SBDP yang membahas tentang konsep penjumlahan, pengurangan, keindahan alam, pengelompokan hewan berdasarkan tempat hidupnya serta kemampuan bercerita. Hasil uji pengembangan media papan fabel dalam pembelajaran tematik memperoleh hasil yang sangat baik. Hal ini dijelaskan melalui penilaian pada tahap validasi ahli dengan presentase sebesar 95,4% oleh ahli media, 100% oleh ahli materi, dan 93,3% oleh ahli pembelajaran tematik Sekolah Dasar. Sedangkan untuk respon siswa mendapatkan presentase yang mencapai 88,7% pada uji coba kelompok kecil dan 97,9% pada uji coba kelompok besar.
References
Arsyad, Azhar. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers
Sadiman, Arief S., dkk. (2010). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatan. Jakarta: Rajawali Pers
Sugiyono, (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Suprihatiningrum, Jamil. (2013). Strategi Pembelajaran Teori & Aplikasi. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Copyright (c) 2019 Seminar Nasional Taman Siswa Bima
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.