Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Proses Pembelajaran Mahasiswa STKIP Al Amin Dompu

  • Yeni Rahmawati STKIP Al-Amin Dompu
  • Nur Islamiati STKIP Al-Amin Dompu
  • Lala Intan Komalasari STKIP Al-Amin Dompu
Keywords: Teknologi Informasi dan Komunikasi, Pembelajaran

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sangat pesat, baik di negara maju maupun di negara yang sedang berkembang seperti Indonesia. Salah satu teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang adalah internet. Kehadiran internet telah mengubah sebagian besar cara hidup dan aktivitas manusia sehari-hari. Internet sebagai media interaktif dapat digunakan setiap orang untuk mendapatkan informasi dari seluruh dunia. Salah satu penggunanya adalah mahasiswa, Mahasiswa dapat menggunakan internet sebagai sumber belajar alternatif selain buku untuk mendapatkan informasi lebih banyak yang berhubungan dengan proses pembelajaran. Internet bisa menjadi sumber belajar alternatif yang cukup efektif dan efisien. Dalam hal ini internet bisa menjadi substitusi yang sifatnya lebih untuk melengkapi, bukan menggantikan peran pendidik secara keseluruhan. Pemanfaatan sumber belajar menggunakan alat bantu berbasis teknologi dengan media elektronik saat ini sangat umum digunakan di dunia pendidikan, terutama di perguruan tinggi khususnya di STKIP Al-Amin Dompu. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi juga diterapkan oleh dosen dan mahasiswa STKIP Al-Amin Dompu dalam melaksanakan proses pembelajaran. Tujuannya agar mahasiswa lebih berperan aktif dalam proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskripsi. Di mana, pada metode tersebut berusaha mendeskripsikan hal-hal yang berkaitan dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran, penelitian akan dilakukan di STKIP Al Amin Dompu.

References

Aka, K. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Sebagai Wujud Inovasi Sumber Belajar Di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2), 28–37.
Alhawiti, M. M., & Abdelhamid, Y. (2017). A Personalized e-Learning Framework. Journal of Education and E-Learning Research, 4(1), 15–21. https://doi.org/10.20448/journal.509.2017.41.15.21
Arkorful, V., & Abaidoo, N. (2014). The role of e-learning , the advantages and disadvantages of its adoption in Higher Education. International Journal of Education and Research, 2(12), 397–410.
Budiana, Sjafira, & Bakti. (2015). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Bagi Para Guru SMPN 2 Kawali Desa Citeureup Kabupaten Ciamis. Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 4(1), 59–62.
Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(I), 31–43.
Chulkov, D. V. (2017). On The Role Of Switching Costs And Decision Reversibility In Information Technology Adoption And Investment. Journal of Information Systems and Technology Management – JISTEM USP, 14(3), 309–321. https://doi.org/10.4301/S1807-17752017000300001
Dutta, N. (2016). Impact of Information Technology on Teaching-Learning Process Kaushik Bhakta. International Research Journal of Interdisciplinary & Multidisciplinary Studies (IRJIMS, 2(11), 131–138.
Ghavifekr, S., & Rosdy, W. (2015). Teaching and Learning with Technology : Effectiveness of ICT Integration in Schools Teaching and Learning with Technology : Effectiveness of ICT Integration in Schools. International Journal of Research in Education and Science (IJRES), 1(2).
Jethro, O. O., Grace, A. M., & Thomas, A. K. (2012). E-Learning and Its Effects on Teaching and Learning in a Global Age. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences January, 2(1), 203–210.
Lin, M., Chen, H., & Liu, S.-K. (2017). A Study of the Effects of Digital Learning on Learning Motivation and Learning Outcome. EURASIA Journal of Mathematics Science and Technology Education, 13(7), 3553–3564. https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.00744a
Panagiotidis, P., Krystalli, P., & Arvanitis, P. (2018). Technology as a Motivational Factor in Foreign Language Learning. European Journal of Education, 1(3), 43–52.
Sabzian, F., Gilakjani, A., & Sodouri, S. (2013). Use of Technology in Classroom for Professional Development. Journal of Language Teaching and Research, 4(4), 684–692. https://doi.org/10.4304/jltr.4.4.684-692
Serbia, A. (2015). The Importance Of Educational Technology In Teaching. (IJCRSEE) International Journal of Cognitive Research in Science, Engineering and Education, 3(1), 111–114.
Yusri. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Dengan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Peserta Didik Kelas X di SMAN 1 Dekai Kabupaten Yhukimo. Jurnal Ilmiah ILKOM, 8(1), 49–56.
Published
2019-09-23