Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII-d SMPN 2 Kota Bima Pada Materi Pokok Bilangan Melalui Metode Visual Auditory Kinesthetic (Vak)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIID SMP Negeri 2 Kota Bima tahun pelajaran 2019/2020 pada materi pokok bilangan melalui metode pembelajaran Visual, Auditory, Kinesthetic (VAK) dalam proses belajar mengajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus pada siswa kelas VIID SMP Negeri 2 Kota Bima yang berjumlah 32 siswa yang dijadikan sebagai objek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas siswa pada siklus I sebesar 2,765 dengan kategori cukup aktif dan siklus II sebesar 3,8 dengan kategori aktif. Data ketuntasan klasikal siklus I diperoleh sebesar 76% dan siklus II sebesar 85,19% dan nilai rata-rata siklus I sebesar 7,31 dan siklus II sebesar 7,56. Jadi berdasarkan hasil data keseluruhan baik data aktivitas maupun data prestasi belajar siswa dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Visual, Auditory, Kinesthetic (VAK) dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIID SMP Negeri 2 Kota Bima pada materi pokok bilangan Tahun Pelajaran 2019/2020.
References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi 2010. Jakarta: Rineka Cipta.
Kusnandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sadiman, Arif S. dkk. 2011. Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.
Sanjaya, Wina. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. 2011. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta:Kencana.
Copyright (c) 2019 Seminar Nasional Taman Siswa Bima
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.