Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal dengan Pendekatan Neuroscience pada Siswa SMA

  • Asriyadin STKIP Taman Siswa Bima
  • Muliana SMAN 3 Donggo
Keywords: Kearifan lokal, Neuroscience

Abstract

Pembelajaran dengan memanfaatkan kearifan lokal dengan menggunakan pendekatan neuroscience pada pembelajaran fisika merupakan inovasi pembelajaran yang menjadikan pembelajaran lebih bermakna dan kontekstual. Pengembangan desain pembelajaran dilakukan dengan melakukan studi pendahuluan berupa: wawancara, observasi, dan analisis literatur. Hasil dari studi pendahuluan menyatakan bahwa pemahaman konsep fisika siswa masih rendah dan pengembangan perangkat pembelajaran inoavtif masih jarang dilakukan oleh guru fisika di SMA. Berdasarkan studi pendahuluan, langkah-langkah desain pembelajaran neuroscience dengan menggunakan kearifan lokal adalah (1) mempresentasikan masalah berdasarkan kearifan lokal masyarakat sekitar (2) mengumpulkan dan memverifikasi data (3) mengumpulkan data melalui eksperimen (4) mengorganisasi data dan merumuskan kesimpulan (5) menganalisis proses pendekatan neuroscience.

References

Abidin, Y. Pembelajaran bahasa berbasis pendidikan karakter, Bandung: PT Refika Aditama, 2012.
Berkowitz, M., & Bier, M. What works in character education. Presentation at the Character Education Partnership National ForumWashington, DC. 2003.
Budimansyah, D. dkk, Pakem Pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Bandung: PT. Genesindo, 2010.
DePorter, Bobbi dan Mike Hernacki, Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan, terj. Alwiyah Abdurrahman, Bandung: Kaifa, Cet. 4, 1999.
Lie, Anita, Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas, Cet. 3; Jakarta: Grasindo, 2004.
Prastowo, A. 2011. Panduan Kreatif mebuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press
Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran, Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada
Sirwanti, 2017. Pengembangan Bahan ajar Matematika Dasar untuk meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal PGSD Universitas Negeri Makassar
Suyadi, Imam, Menerapkan Pendidikan Karakter di Sekolah, Yogyakarta: Mentari Pustaka, 2012.
Yusuf, A. M. 2015. Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group
Wulandari, Primatia Yogi, Karakter Anak = Karakter TV, Peran Media Massa dalam Pembentukan Karakter Anak. Makalah untuk Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) Wilayah Jawa Timur, Surabaya: Fakultas Psikologi Universitas Airlangga, 2010.
Published
2019-09-23