Studi Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi PGSD pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA mahasiswa PGSD melalui penerapan model pembelajaran project based learning pada matakuliah Konsep Dasar IPA. Penelitian ini dilaksanakan dengan rancangan penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi PGSD Semester I Tahun Akademik 2018/2019 yang berjumlah 48 orang yang sedang mengampu matakuliah Konsep Dasar IPA. Pengumpulan data dilakukan dengan penilaian pelaksanaan Project Based Learning berupa hasil proyek. Analisis data penelitian dilakukan melalui analisis deskriptif kuantitatif dari nilai individu dan rata-rata skor keseluruhan mahasiswa pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada matakuliah Konsep Dasar IPA melalui implementasi pembelajaran berbasis proyek. Pada Siklus I, hasil belajar meningkat dari rata-rata 63,75 menjadi 70,73 dengan kategori Kurang Baik. Sedangkan pada siklus II, hasil belajar kembali mengalami peningkatan rata-rata dari 68,75 menjadi rata-rata sebesar 81,35 dengan kategori Baik. Berdasarkan hasil belajar yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa Program Studi PGSD pada matakuliah Konsep Dasar IPA.
References
Harahap, M, A, & Prastowo, P. (2014). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Diajar Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning Dengan Problem Based Learning Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Prosiding. Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya. Medan: Universitas Negeri Medan.
Lindawati. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa MAN 1 Kebumen. Radiasi. Volume 3 (1) : 42-45.
Santi, Triana. 2011. Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Pemahaman Fisiologi Tumbuhan. Jurnal Ilmiah Progressif. Vol. 7 ( 21) : 74-83.
Titin & Sunarno, W. (2012). Pembelajaran Biologi menggunakan Model Sains Masyarakat Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Peduli Lingkungan, Jurnal Inkuiri UNS, Vol.1 (3) : 245-257.
Yalcin, A., Turgut, U,. & Buyukkap, E. (2009). The Effect Of Project based Learning on Science Undergraduates’ Learning Of Electricity, Attitude Towards Phisycs and Scientific Prosess Skills. Journal of Education Science. Vol.1 (1) : 81-105.
Yance, Rinta Doski. Ramli, Ermaniati, Fatni. Mufit. (2011). Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning (Pbl) Terhadap Hasil Belajar Fisika. Pillar Of Physics Education, Vol. 1. April 2013, 48-54.
Copyright (c) 2019 Seminar Nasional Taman Siswa Bima
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.