Peningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Kelas X pada Materi Reaksi Oksidasi dan Reduksi Melalui Penerapan Metode Talking Stick

  • St Fatimah Azzahra Universitas Kristen Indonesia
Keywords: Berpikir Kritis Talking Stick Reaksi Oksidasi dan Reduksi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA kelas X pada materi reaksi oksidasi reduksi pada tahun ajaran 2018/2019 menggunakan metode talking stick. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi sehingga penelitian ini mendeskripsikan perencanaan, aktivitas, serta peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa SMA kelas X. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA di salah satu SMA Kota Tangerang Selatan yang terdiri dari 26 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan tes essay, lembar observasi, aktivitas guru, aktivitas siswa, catatan lapangan dan wawancara. Kemampuan berpikir kritis siswa yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah kemampuan bertanya, kemampuan menjawab pertanyaan dan mempertimbangkan alternatif jawaban. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan, terlihat pada siklus I sebesar 10%, siklus II sebesar 26,92% dan siklus III 92,30%. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode talking stick dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi reaksi oksidasi dan reduksi.

References

Anwar, K dan Yanti, N. (2014). Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Menggunkan Model Cooperative Script dalam Pembelajaran IPA. Citra Rakyat: 2 Jurnal UNIMED
Arifin, M. (1995). Pengembangan program pengajaran bidang studi kimia. Surabaya: Erlangga Universitas Press
Costa, A.L. (1985). Developing Minds a Resource Book for Teaching Thingking. Virginia Association for Super Vision and Curriculum Develompment
Dewi, N.P., Heleni, S., Syofni. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick untuk meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas TKR 1 SMK Telkom. Pekanbaru: 6
Fakhriyah, F. (2014). Penerapan Problem Based Learning dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Vol.3. No.1
Herawati, R.F., Mulyani, S., Redjeki, T. (2013). Pembelajaran Kimia Berbasisi Multiple Representasi ditinjau dari Kemampuan Awal Terhadap Prestasi Belajar Laju Reaksi Siswa SMA Negeri 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. JPK 2(2):39
Lathifa, U., Suhadi, I., Endang, B,. (2015). Identifikasi Kesalahan Konsep Larutan Asam Basa Dengan Menggunakan Teknik Certainty of Response Index (CRI) Termodifikasi. Seminar Nasional Pendidikan Sains UKSW
Muchtar, Z. dan Harizal. (2012). Analyzing of Students’ Misconceptions on Acid-Base Chemistry at Senior High School in Medan. Jurnal of Education and Practice. Vol 3: 65
Tirtiana, C. K. (2013). Pengaruh Kreativitas Belajar, Penggunaan Media Pembelajaran Power Point, Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akutansi Pada Siswa Kelas X AKT SMK Negeri 2 Blora Tahun Ajaran 2012/2013 (Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening). Economic Education Analysis Journal 2 (2):16
Published
2019-09-23