Pengembangan Aplikasi GO PICKME Berbasis Android Studio di Kecamatan Palibelo Bima
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan Aplikasi GO PICKME berbasis Android Studio yang digunaka untuk pemesanan jasa ojek kepada pengguna di Kecamatan Palibelo Bima dan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan kelayakan Aplikasi GO PICKME berdasarkan penilaian satu dosen STKIP Taman Siswa Bima dan respon 29 pengguna di Kecamatan Palibelo Bima. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Waterfall yang terdiri dari lima tahap yaitu: Analisis (Analysis), Perancangan (Design), Kode (Coding), dan Pengujian (Test). Produk ini ditinjau oleh ahli media. Penilaian produk dilakukan satu dosen STKIP Taman Siswa dan respon oleh 29 pengguna di Kecamatan Palibelo Bima. Instrumen yang digunakan berupa angket daftar cek (check list) untuk melihat kualitas produk dan angket respon pengguna untuk melihat tanggapan pengguna terhadap produk. Hasil penilaian dan respon berupa data kuantitatif deskriptif, kemudian dianalisis dengan kriteria penilaian skala Likers dan persentase skor skala Likers untuk menentukan kualitas produk. Hasil penelitian pengembangan berupa media Aplikasi GO PICKME berbasis Android Studio. Berdasarkan hasil penelitian, menurut satu dosen Pendidikan Teknologi Informasi (PTI) STKIP Taman Siswa Bima selaku validator ahli media Aplikasi GO PICKME memiliki kualitas Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan 95.83% untuk kevalidan media Aplikasi GO PICKME. Sedangkan respon yang dihasilkan menurut 29 pengguna yaitu 90,26 % terhadap media Aplikasi GO PICKME berbasis Android Studio. Dari hasil penilaian tersebut, dapat disimpulkan bahwa Aplikasi GO PICKME berbasis Android Studio ini layak digunakan di Kecamatan Palibelo Bima.
References
Sekcam. (2019). Luas Wilayah Kecamatan Palibelo Bima. Bima: Kecamatan Palibelo Bima.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development/R&D). Jl. Gegekalong Hilir No.84 Bandung, ALFABETA, CV.
Copyright (c) 2020 Seminar Nasional Taman Siswa Bima
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.