Kemampuan Representasi Siswa Kelas VIII dengan Penerapan Model Open Ended Approach

  • Sulastri STKIP Taman Siswa Bima
  • Arif Hidayad STKIP Taman Siswa Bima
  • Muhammad Yusuf STKIP Taman Siswa Bima
Keywords: Kemampuan representasi, Model_open_ended_approach

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan representasi siswa kelas VIII di SMPN 3 WOHA dengan model pembelajaran open ended approach. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen (one shoot one case pre-post test design). Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 3 WOHA tepatnya dikelas VIII-4 dengan jumlah siswa sebanyak 22 siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah soal pre-test dan soal post-test pada materi lingkaran. Jenis data yang dikumpulkan berupa skor hasil pre-test dan post-test. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah uji one sample t-test. Dan untuk mengetahui peningkatan menggunakan analisis N-gain. Hasil penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran open ended approach berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis dan mengalami peningkatan tingkat sedang.

References

DaftarPustaka
Alhadad. 2010. KemampuanRepresentasiMatematis. Repository.upi.edu
Asriyadin. (2017). Panduan Penulisan Prosiding STKIP Taman Siswa Bima. Bima: LPPM Taman Siswa Bima.
Hutagaol. 2013. Kemampuan Representasi Matematis. Journal.stkipsiliwangi.ac.id
Joyce dan Weil Rusman. 2012. Model Pembelajaran. Jakarta: Jurnal.upi.edu
NCTM. 1989. Masalah Open Ended.For the learning of mathemamatics
Ngalimun. 2012. Open Ended Approach. International Journal of Sciences
Nohda. (1999). Tujuan Pembelajaran dengan Pendekatan Open Ended. Journal Paradikma, 2013-diglib.unimed.ac.id
Sawada. 1997. Pendekatan Open Ended. Journal on Matematics Education
Shimada. (1997). Model Pembelajaran Open Ended. Journal.fkip.unla.ac.id
Suherman dkk.2003.Masalah open ended. Bandung: UPI
Suryana.2012. Indikator-indikator Kemampuan Representasi. Journal.upi.edu.
Published
2019-09-23