Analisis Laku Pandai (Branchless Banking) pada Agen Perbankan (Studi Di Kota Bima)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan laku pandai (branchless banking)pada agen perbankan (Studi Di Kota Bima).Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif menggunakan pendekatan pendekatan kualitatif conclusive dengan survey deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh agen46 BNI yang ada dikota bima sejumlah 163 dan sampel penelitian 8 agen46 BNI dengan purposive sampling dengan 80 responden yang menggunakan jasa layanan laku pandai. Waktu penelitian yaitu selama 3 bulan dari bulan mei sampai dengan bulan juli 2019. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas dan uji t test one sample. Berdasarkan uji validitas bahwa seluruh item pertanyaan valid karena nilai Correted Item Total Correlation > 0,3 sedangkan uji reliabilitas Reliability Statistics diatas nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0, 817 > 0,60 yang artinya reliabel. Nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel (67,912 > 1,99) artinya efektivitas layanan laku pandai (branchless banking) dari yang diharapkan sangat efektif.
References
Al Arif and Firmansyah (2018), “Laku Pandai’s Program And Deposit Fund : Study At Bank Of BRI Sharia”, Jurnal Ekonomi Vol.XXIII No. 01, Maret 2018 : 1-9
Aras, Dikhi Wahyudi (2003). Pengaruh pengadopsian teknologi baru terhadap peningkatan efektifitas dan kinerja pengembangan bersama sistem informasi manajemen. Thesis S2. Universitas Bina Nusantara Internasional, Jakarta.Campbell. 1989. Riset dalam efektivitas organisasi. Terjemahan Sahat Simamora. Jakarta : Erlangga
Castells,Manuel.2001. The Power of Identity The Information Age : Economy, Societyand Culture: Vol. II, The Power of Identity, Blackwell, Oxford
Ghozali, Imam.(2010).Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
Gautam Ivatury and Ignacio Mas, The Early Experience with Branchless Banking, The
Consultative Group to Assist the Poor Focus Note No. 46, April 2008, hlm. 2
Kotler, Philip dan Gary Armstrong, 2000, Principles of Marketing, Jakarta;Intermedia
Khonita Firdaus, Efektivitas Layanan Mobile Application “mLibrary” di Perpustakaan Universitas Gadjah Mada, Skripsi Ilmu Informasi Dan Perpustakaan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Airlangga, Surabaya.
Mahmood, R. & Sarker, S. (2015). “Inclusive Growth Through Branchless Banking: A Review of Agent Banking and Its Impact”. Journal of Economics and Sustainable Development. 6 (23), 86-93.
Otoritas Jasa Keuangan, 2014, Booklet Perbankan 2014, Departemen Perijinan dan Informasi Perbankan, Jakarta.
Olimov, S. et al. (2017). “Performance of Depositor Fund: A Lesson From Indonesian Islamic Banking System”. Etikonomi. 16 (1),53-70.
Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 1/POJK.07/2013 tentang Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan
Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 19/POJK 03/ 2014 Tentang Layanan Keuangan Tanpa Kantor Dalam Rangka Keuangan Inklusif.
Purwati, Yenny, Rosaly Fransisca, dan Paskah Ika Nugroho. 2014. Strategi Peningkatan Kemampuan Adopsi Teknologi Branchless banking Untuk Memperluas Inklusi Keuangan di Masyarakat Pedesaan. Publikasi Ilmiah UMS Seminar Nasional dan Call for Paper (Sancall 2014): Research Methods and Organizational Studi
Sarah, H. (2015). “Dampak Branchless Banking Terhadap Kinerja Keuangan PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk”. Jurnal Muzaraah. 3 (5), 136 - 157.
Sugiyono, (2010), Statistika Untuk Penelitian, Penerbit Alfabeta, Bandung.
Starawaji. 2009. Corporate Social Responsibility dalam Praktek di Indonesi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
R. Agustinus Anggoro Pribadi, Syuhada Sufian, J. Sugiarto PH. (2007) "Strategi Membangun Kualitas PelayananPerbankan Untuk Menciptakan Kepuasan Nasabah Berorientasi Loyalitas Pada BRI Cbang Blora Dan Unit Online-nya "Jurnal Studi Manajemen & Organisasi Volume 4, Nomor 2, Juli, Tahun 2007, Halaman 44.
Copyright (c) 2019 Seminar Nasional Taman Siswa Bima
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.