Kemampuan Berpikir Logis Mahasiswa Melalui Penerapan Modul Model PBL Berbasis Mind Mapping
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir logis mahasiswa selama dan setelah penerapan modul model PBL berbasis Mind Mapping dalam pembelajaran matakuliah metodologi penelitian. Penelitian dilaksanakan di STKIP Taman Siswa Bima dengan subjek penelitian sebanyak 9 mahasiswa yang berasal dari prodi pendidikan matematika semester VI. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Data penelitian diperoleh melalui kegiatan observasi dan tes. Observasi dilakukan untuk memperoleh data tentang keefektifan proses pembelajaran, sedangkan tes dilakukan untuk memperoleh data tentang hasil pembelajaran kemampuan berpikir logis mahasiswa pada tujuh indikator. Data dianalisis dengan menggunakan statistika deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan modul model PBL berbasis Mind Mapping terlaksana dengan efektif pada porsentase 87,89%. Kemampuan berpikir logis mahasiswa termasuk dalam kategori “sedang” dengan porsentase rata-rata sebesar 55,56% pada ketujuh indikator yang diukur.
References
E. Mulyasa. 2009. PraktikPenelitianTindakanKelas. Bandung: Rosdakarya
Femi Olivia. 2010. Visual Mapping. Jakarta: PT. Elex Media Komputendo.
Fios, frederikus. 2013. Pengantarfilsafat: ilmudanlogika. Jakarta: SalembaHumanika
Kusumaningrum, Maya dan Saefudin, Abdul Aziz. 2012. Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Matematis Melalui Pemecahan Masalah matematika. Jurnal, tersedia di: http://eprints.uny.ac.id/8512/.pdf (20 Februari 2015).
Pollit, David. 2003. Mind Mapping your way to a better career.Journal of Career Development International, Vol.8 Iss 5 pp.253-256.
Septiati, Ety. 2016. Kemampuan Berpikir Logis Matematis Mahasiswa Pendidikan Matematika pada Matakuliah Matematika Diskrit. Prosiding Seminar NasionalPendidikan Vol.1 No.1 Th. Jan-Des 2016,hal. 394-401, ISSN: 2527-7553
Sumarmo, Utari, dkk. 2012. Kemampuan dan Disposisi Berpikir Logis, Kritisdan Kreatif Matematik (Eksperimen Terhadap Siswa SMA Menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah dan Stratge Think Talk Write). Jurnal Pengajaran MIPA, Volume 17 Nomor 1, April 2012. Halaman 17-33. ISSN 1412-0917.
Trianto. 2010. Model PembelajaranTerpadu. Jakarta: BumiAksara
Wiji, Liliasari, Wahyu Sopandi, dan Muhammad A. K. Martoprawiro. 2014. Kemampuan Berpikir Logis dan Model Mental Kimia Sekolah Mahasiswa Calon Guru .Jurnal Cakrawala Pendidikan, Februari 2014, Th. XXXIII, Nomor 1.Halaman 147-156. ISSN: 0216-1370.
Yatim, Riyanto. 2009. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada
http://dx.doi.org./10.1108/13620430310698572. (online) diakses pada tanggal 13 Mei 2018.
Copyright (c) 2019 Seminar Nasional Taman Siswa Bima
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.