Studi Kasus: Optimalisasi Pelaksanaan Program Gemar Literasi Berkarakter Melalui Peran Pemangku Kepentingan

  • Haryati Septian Mila STKIP Taman Siswa Bima
  • Arif Hidayad STKIP Taman Siswa Bima
  • Nanang Diana STKIP Taman Siswa Bima
  • Suriya Ningsih STKIP Taman Siswa Bima
  • Syarif Husni STKIP Taman Siswa Bima
Keywords: Gemar, Literasi, Pemangku Kepentingan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan persepsi pemangku kepentingan (Kepala Sekolah, Guru, Siswa, Wali Murid, dan Pemerintah desa adanya program Gemar Literasi Berkarakter untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa di SDN 2 Rupe, Kecamatan Langgudu (2) Mendeskripsikan bentuk kolaborasi pemangku kepentingan dalam program Gemar Literasi Berkarakter untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa melalui peran pemangku kepentingan di SDN 2 Rupe Kecamatan Langgudu. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualiatif dengan jenis penelitian studi kasus. Instrument pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi dan wawancara. Serta model analisisis data dilakukan menggunakan model interaktif yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, hingga penarikan kesimpulan. Informan dalam penelitian ini Kepala Sekolah, Guru, Siswa, Wali Murid, dan Pemerintah Desa. Dalam menguji keabsahan data penelitian, peneliti menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukan bahwa (1) Pelaksanaan Gemar Literasi Berkarakter mendapat respon yang sangat positif. (2) Bentuk kolaborasi pemangku kepentingan (sekolah, orang tua, dan masyarakat) tersebut adalah melalui komunikasi, yaitu komunikasi formal dan komunikasi non formal, rapat dan keterlibatan kepala sekolah, guru, wali murid, dan masyarakat, pada pembelajaran anak di lingkungan pendidikan formal, informal, dan non formal.

References

Adawiyah, L. R., & Gunansyah, G. (2018). Persepsi Guru Terhadap Pelaksanaan Gerakan Literasi Di Sekolah Dasar Negeri Terakreditasi A Kota Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(4).
Taufik (2017) Kolaborasi Pendidikan Formal, Non Formal dan Informal dalam Pembinaan Akhlak Peserta Didik di Pondok Pesantren Kecamatan Bangkinang. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Fitriyaningsih, F. Implementasi Program Literasi dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 5(1), 125-131.
Solihin, L. (2020). Darurat Literasi Membaca Di Kelas Awal. Masyarakat Indonesia, 46(1), 34-48.
Haryati, M. S.(2018). Menumbuhkan Nasionalisme pada Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pasukan Pengibar Bendera (Studi Kasus di MAN 2 Model Mataram) (Doctoral dissertation, Universitas Mataram).
Susapti, P. (2018). Cultural literacy building of primary school students as basic concept. Mudarrisa: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 10(2), 206-221.
Sobirin, M., dan Susapti, P. (2018). Cultural Literacy Building of Primary
Zulfahita, Z., Husna, N., & Mulyani, S. (2020). Kemampuan Literasi dan Kepercayaan Diri Siswa SMP Berdasarkan Akreditasi Sekolah Swasta dan Negeri di Kota Singkawang. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(3), 407-421.
Fadlillah, M. (2016). Edutainment Pendidikan Anak Usia Dini: Menciptakan Pembelajaran Menarik, Kreatif dan Menyenangkan. Prenada media.
Priasti, S. N., & Suyatno, S. (2021). Penerapan Pendidikan Karakter Gemar Membaca Melalui Program Literasi di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(2), 395-407.
Published
2022-08-23