Manajemen Kelas Guru Di SDN 77 Ni’u Kota Bima
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam melakukan manajemen kelas sehingga tercipta suasana belajar mengajar yang efektif. Dalam konteks manajemen kelas yang baik, guru memainkan berbagai perannya, baik saat pelaksanaan kegiatan belajar mengajar maupun saat melakukan persiapan dalam menunjang perannya sebagai guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan dan mendeskripsikan peran guru dalam melakukan persiapan pembelajaran, bagaimana pelaksanaan pembelajaran dalam tiga fase (pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup) pada tiap pertemuan, dan bagaimana pelaksanaan evaluasi pembelajaran yang dilakukan guru di SDN 77 Ni’u Kota Bima. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dan data yang dikumpulkan dengan mengobservasi dan mewawancara guru kelas 1 dan guru kelas 5 serta kepala sekolah. Hasil dari penelitian ini adalah: 1.) dalam persiapan pembelajaran guru menyusun RPP, Silabus, Program Tahunan, Program Semester, dan Alat Peraga, 2.) dalam pelaksanaan pembelajaran pada tiga fase (pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup) dalam hal ini guru memainkan perannya sebagai pengontrol, penilai, organisator, partisipan, motivator, dan penyedia informasi, 3.) guru melakukan evaluasi pembelajaran dengan cara memberi skor berupa angka, pujian serta memberi hadiah.
References
Brophy, J. 2006. History of Research on Classroom Management. Dalam C. M. Evertson&C. S. Weinstein (Eds.), Handbook of classroom management.Research, practice, and contemporary issues (pp.17-43).Malwah, NJ: Lawrence Erlbaum Associates.
Danim, Sudarwan. (2010), Administrasi Sekolah dan Manajemen Kelas, Bandung: CV. Pustaka Setia.
Djamarah, & Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Djamaroh. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. Dalam Mursalin, dkk. Peran Guru dalam Pelaksanaan Manajemen Kelas di Gugus Bungong Seulanga kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh. Vol. 2,No.1, 105-114. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Fraenkel, J.R. 1990. How to design and evaluate research in education, New York : McGraw-hill.
Gay, L. R and Peter, Airasia. 2000. Educational Research Competence for Analysis and Aplication. New Jersey: Prentice-Hall Company.
Jerry Gebhard. Teaehing English as a Foreign or Second Language: A Teacher Self-development and Methodology Grade, (Micighan: The University of Michigan Frees, 1996.
Harmer, Jeremy. 2007. How to teach English. London: Longman.
Helsa 2017. Kemampuan Manajemen Kelas Guru: Penelitian Tindakan di Sekolah Dasar dengan SES Reandah. Vol. 16, No. 2, 89-104. Jurnal Psikologi.
Laili, Maulida, N. 2014. Peran Guru Dalam Manajemen Kelas (Studi Kasus Pada Kelas Bawah di MI Al-Islam PK Kartasura tahun Pelajaran 2013-2014). Surakarta: Universitas Muhammadiyah.
Nagler, K. S. 2016.Effective Classroom-Management & Positive Teaching. English Language teaching: Vol. 9, No.1.
Pidarta Made. 2004. Manajemen Pendidikan Indonesia, Jakarta : Rineka Cipta.
Public Agenda. 2004. Teaching interrupted: Do discipline policies in today’s public schools foster the common good? Retrieved July 8, 2011, from http://www.publicagenda.org/files/pdf/teaching.interrupted.pdf
Ratcliff, dkk. 2011. Teacher Classroom Behaviors and Student Time on Task: Implication for Teacher Education. Action in Teacher Education, 32(4), 38-51.
Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. RajGrafindo Prasada.
Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: CV. Alfabeta.
Suparta, dkk. 2000. Pendidkan dan Manajemen, Jakarta : Rineka Cipta.
Suryana. 2017. Manajemen Kelas Berkarakter Siswa.
Copyright (c) 2020 Seminar Nasional Taman Siswa Bima
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.