Penerapan Pendekatan Komunikatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara melalui pendekatan komunikatif pada siswa kelas III SD Negeri Runggu, Kecamatan Belo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri Runggu yang berjumlah 26 siswa yang terdiri dari 14 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Objek penelitian adalah keterampilan berbicara. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Peningkatan ditunjukkan dengan meningkatnya nilai keterampilan berbicara melalui pendekatan komunikatif pada siswa kelas III SD Negeri Runggu dengan standar kompetensi “Mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan bercerita.” Pada siklus I dengan KD “Melakukan percakapan melalui telepon/alat komunikasi sederhana dengan menggunakan kalimat ringkas.” Menggunakan metode bermain peran terdapat sebanyak 14 siswa (53.84%) tuntas, dan 12 siswa (46.15%) belum tuntas dengan nilai rata-rata 70.26. Sedangkan pada siklus II dengan KD “Menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat, atau didengar.” Dengan menggunakan metode menceritakan kembali terdapat sebanyak 24 siswa (92.30%) tuntas, dan 2 siswa (7.69%) belum tuntas dengan bilai rata-rata 83.73.
References
Anas Sudijono. (2010). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Asiah. (2015). Peningkatan Keterampilan Berbicara. Skripsi.
Kemmis & Taggart. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: CV. Nur Cahaya, hlm. 213.
Kurikulum SDN Runggu. Silabus KTSP.
Nadler. (2006). Pendekatan Komunikatif. Jakarta: Bulan Bintang, hlm. 12.
Ngalim Purwanto. (2011). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suharsimi Arikunto. (2007). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Copyright (c) 2020 Seminar Nasional Taman Siswa Bima
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.