Bimbingan Belajar Untuk Siswa Berkesulitan Belajar Membaca di Kelas III SDN Talabiu
Abstract
Kesulitan belajar membaca siswa (studi kasus) kelas III Sekolah Dasar Negeri Talabiu masih kurang efektif dalam belum optimal, karena masih terdapat anak yang berkesulitan dalam membaca, padahal guru sudah menggunakan berbagai macam strategi. Sebaiknya guru lebih memperhatikan mengenai strategi yang harus dipersiapkan untuk anak berkesulitan belajar membaca di SDN Talabiu. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Memahami strategi yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca siswa kelas III SDN Talabiu, (2) Memahami aktivitas siswa (studi kasus) dalam mengatasi kesulitan belajar membaca dikelas III SDN Talabiu. Tehnik peneliti untuk menangani masalah yang sudah di temukan yakni memberikan bimbingan belajar membaca yaitu: Identifikasi kasus, Identifikasi Masalah, Diagnosis, Prognosis, dan Evaluasi. Selain itu kurang adanya campur tangan sekolah terhadap anak yang mengalami kesulitan dalam membaca. Strategi yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca siswa kelas III (studi kasus) belum sepenuhnya optimal namun dalam pelaksanaan starategi bimbingan belajar terhadap siswa yang mengalami kesulitan belajar membaca guru tidak memisahkan siswa yang berkesulitan membaca tersebut dalam proses pembelajaran didalam kelas. Aktivitas siswa dalam mengatasi kesulitan belajar membaca terdapt 3 orang yang masih tertinggal dalam pembelajaran, faktor yang mempengaruhi yakni ada keterlambatan siswa dalam hal membaca. Adapun aktivitas siswa selama ini di dalam kelas jarang mendengarkan penjelasan guru, merasa bosan dalam pembelajaran, sering bermain sendiri dan siswa kurang minat membaca meski guru dan orangtua sudah berusaha semaksimal mungkin.
References
Abdul Chaer. (2009). Psikolinguistik. Jakarta: Rineka Cipta.
Bimo Walgito. (2004). Bimbingan dan Konseling di Sekolah.Yogyakarta: Andi.
Cece Wijaya dan Tabrani Rusman. (1991). Kemampuan dasar guru dalam proses belajar mengajar. Jakarta: Erlangga.
Deded Koswara. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Berkesulitan Belajar Spesifik. Bandung: Luxima metro media.
Hasbullah. (2005). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Martini Jamaris. (2013). Kesulitan Belajar Perspektif, Asesmen, Dan Penanggulangannya. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Meita Shanty. (2012). Semua hal yang harus diketahui tentang disleksia. Yogyakarta: Familia.
Mulyono Abdurrahman. (2012). Pendidikan bagi anak berkesulitan belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Mualifa M.A. (2011). Psikologi Anak Sukses. UB Press
Santrock John. (2007). Perkembangan anak edisi kesebelas jilid 2.Jakarta: Erlangga
Shodig, M. (tanpa tahun). Pendidikan bagi anak disleksia. Bandung: Dekdibud.
Copyright (c) 2020 Seminar Nasional Taman Siswa Bima
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.