Proses Kemampuan Berpikir Logis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Aljabar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Bolo Dilihat Dari Kemampuan Awal Siswa

  • M Hakim Cahyo STKIP Taman Siswa Bima
  • Nanang Diana STKIP Taman Siswa Bima
  • Muslim STKIP Taman Siswa Bima
Keywords: Kemampuan berpikir Logis, Pemecahan Masalah OperasiAljabar, Kemampuan awal

Abstract

Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Mendeskripsikan bagaimana proses kemampuan berpikir logis siswa berkemampuan tinggi 2) Mendeskripsikan bagaimana proses kemampuan berpikir logis siswa berkemampuan sedang 3) Mendeskripsikan bagaimana proses kemampuan berpikir Logis siswa berkemampuan rendah. Metode dalam penelitian ini adalah desktiptif kualitatif, instrumen yang digunakan adalah tes uraian yang terdiri dari 2 soal kemampuan awal, 2 soal TPM 1 dan 2 soal TPM 2. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 4 Bolo tahun pelajaran 2019/2020. Hasil pengamatan dan tes yang diberikan kepada siswa kelas VIII SMPN 4 Bolo menunjukkan bahwa kemampuan berpikir logis siswa masih rendah hal ini ditunjukan saat penelitian siswa sulit untuk menguraikan fakta dari suatu masalah yang ada pada soal TPM 1 dan TPM 2, subyek kadang bingung untuk mendeskripsikan masalah yang ada pada soal tersebut dan dari hasil wawancara juga subyek yang berkemampuan matematika rendah bingung saat memulai langkah pengerjaanya.

References

Barbara, Given. (2008). Sekolah dasar dan menengah Matematika Pengembangan Pengajaran edisi
Keenam. Jakarta: Erlangga.
Bono, Edwar de.1993. Revolusi Berpikir. Bandung: Mizan Pustaka.
Diana, N.(2017). Creativity Of Student In The Opened Mathematics Problem Solving In Terms Of Learning Styles. Proceedings Published The Faculty Of Matematics And Natural Science Yogyakarta University (ME.67-74).
Muliasari. (2010). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah untuk
Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif, april 2010. Halaman 17-33. ISSN 1412-0917
Nursalam. (2008). Hubungan Pola Berpikir Logis dengan Hasil Belajar Matematika Siswa (Studi Kasus di
SMAN 1 Rajagaluh Majalengka). Jurnal Pendidikan Matematika
Puskur, (2002). Logika Ilmu Penalaran. Bandung: Pustaka Grafindo.
Suryadi. (2005). Problem-Based Learning dan contoh Implementasinya. Yogyakarta: FMIPA Universitas
Negeri Yogyakarta.
Sarwono Wirawan, Sarlito. (2009). Menguak Penyelesaian Masalah Matematika. Yogyakarta: Aditya Media Publishing.
Soekadijo. 1999. Logika Dasar. Jakarta: Gramedia.
Winarti, Jaskun. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan (R dan D). Bandung: Alfabeta.
Winarti, Jakun. 2011. Skripsi Kajian Pragmatik Soal Cerita Matematika Berbasis Cerita.
Published
2019-09-23