Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa

  • Mega Afriani STKIP Taman Siswa Bima
  • Muslim STKIP Taman Siswa Bima
  • Muhammad Ghazali STKIP Taman Siswa Bima
Keywords: Kesalahan Menyelesaikan Soal, Gaya Kognitif, Field Dependent, Field Independent

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui kesalahan apa saja yang dialami peserta didik tipe Field Dependent (FD) dan Field Independent (FI) dalam menyelesaikan soal cerita pada materi bangun ruang sisi datar dan faktor-faktor apa sajakah yang menyebabkan peserta didik tipe Field Dependent (FD) dan Field Independent (FI) melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita pada materi bangun ruang sisi datar. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: observasi, tes uraian, wawancara dan dokumentasi. Proses analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan hasil tes soal uraian dan tes kognitif yang diberikan kepada siswa terdapat beberapa jenis kesalahan yang dilakukan siswa tipe Field Dependent diantaranya: 1) kesalahan membaca dilakukan oleh siswa dengan kode S18, 2) kesalahan memahami masalah dilakukan oleh siswa dengan kode S18, 3) kesalahan transformasi dilakukan oleh siswa dengan kode S8 dan S18. Kesalahan-kesalahan tersebut terjadi disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya: kesalahan fakta, kesalahan konsep, kesalahan operasi, dan kesalahan prinsip. Sedangkan kesalahan yang dilakukan siswa tipe Field Independent diantaranya: 1) kesalahan membaca yang dilakukan oleh siswa dengan kode S15, 2) kesalahan memahami masalah yang dilakukan oleh siswa dengan kode S15, 3) kesalahan keterampilan proses dilakukan oleh siswa dengan kode S15. Kesalahan-kesalahan tersebut terjadi disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya: kesalahan fakta. Selanjutnya hasil tes gaya kognitif dengan menggunakan test GEFT, disimpulkan dari 18 siswa yang melakukan test gaya kognitif terdapat 13 siswa dengan kemampuan gaya kognitif Field Dependent, sedangkan siswa dengan kemampuan gaya kognitif Field Independent hanya terdapat 5 orang siswa.

References

Desmita, 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ghufron, M. Nur dan Rini Risnawati. 2012. Gaya Belajar Kajian Teoritik. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Kamarullah, 2005. Analisis Kesalahan Mahapeserta didik D-2 PGMI IAIN Ar-Raniry Banda Aceh Tentang Geometri di Madrasah Ibtidaiyah Beserta Alternatif Pembelajarannya. Tesis. Surabaya: Unesa.
Lexy, J Moleong. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyana, Dedy. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: PT Remaja Rordakarya.
Nana Syaodih Sukmadinata(2010). Metode Penetian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nasution. 2006. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar.Jakarta: Bumi Aksara.
Rokhimah, S. (2015). Analisis Kesalahan Peserta didik Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Aritmetika Sosial Kelas VII Berdasarkan Prosedur Newman. Skripsi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Univ. Negeri Semarang.
Shi, Changju, 2011. A Study of the Relationship between Cognitive Styles and Learning Strategis. Higher Education Studies, 1(1): 20-26.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.