Penilaian Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris yang Berorientasi Kurikulum 2013
Abstract
Pembahasan ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara teoritis mengenai penilaian sikap, penilaian pengetahuan, dan penilaian keterampilan. Metode yang digunakan dalam pembahasan ini ialah metode kajian pustaka. Metode ini menekankan buku teks sebagai sumber data dan kajian teorotis. Hasil dari pembahasan ini menemukan bahwa penilaian sikap meliputi : (1) penilaian spiritual di dalamnya terdapat agama dan ahlak,(2) penilaian sosial di dalamnya terdapat disiplin, tanggung jawab, santun, jujur, toleransi, dan percaya diri. Untuk penilaian pengetahuan meliputi: (1) tes tulis di dalamnya terdapat tes pilihan ganda, tes uraian, tes salah benar, (2) tes lisan di dalamnya terdapat kuis dan tanya jawab,(3) tes penugasan di dalamnya terdapat tes kelompok dan individu baik dalam sekolah maupun di luar sekolah,(4) tes protofolio dan observasi. Untuk penilaian keterampilan meliputi: (1) penilaian praktik di dalamnya terdapat membaca, praktek menulis, praktek mendengarkan, (2) penilaian berbasis projek di dalamnya terdapat minat dan kreativitas, (3) penilaian portofolio, (4) penilaian Instrumen.
References
Ahmad, N. (2015). Buku Ajar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Interpena.
Anderson, L.W. & Krathwohl, D.R. (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing: A revision of Bloom’s taxonomy of education objectives. New York: Addison Wisley Longman Inc.
Arifin, Z. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Asrul., Ananda, R. & Rosnita. (2014). Evaluasi Pembelajaran (cet. kedua). Bandung: Citapustaka Media.
Kunandar. 2015. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013.Jakarta: PT Raja Grafindo.
Mas’udi. (2014). Evaluasi Sistem Pembelajaran. Junal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal. Vol. 2. No. 2. Hal. 317-326.
Musfiqon, H.M.& Nurdyansyah. (2015). Pendekatan Pembelajaran Saintifik (cet pertama). Sidoarjo : Nizamia Learning Center.
Oktaviyani, A., Herpratiwi., & Sukirlan, M. (2015). Evaluasi Program Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan, Vol. 3. No. 4, Hal. 1-11.
Purwanto. (2016). Implementasi Penilaian Sikap Berdasarkan Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Membentuk Karakter Siswa di Sekolah Menengah Pertama.http://eprints.ums.ac.id diakses pada Agustus 2019.
Ratnawulan, E. &Rusdiana. (2014). Evaluasi Pembelajaran Dengan Pedekatan Kurikulum 2013. Bandung: Pustaka Setia Bandung.
Sani, R.A. (2016). Penilaian autentik. Jakarta: Bumi Aksara.
Sanjaya, W. (2006). Pembelajaran dan Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Prenada Media Grup.
Wandt, E. & Brown, G.W. (1977). Essential for Educational Evaluation. California: Henry Holt and Co.