Perancangan Aplikasi Absensi Mahasiswa Berbasis Android untuk Dosen STKIP Taman Siswa Bima

  • Khairul Annas STKIP Taman Siswa Bima
  • Nurfitrianingsih STKIP Taman Siswa Bima
  • Ita Fitriati STKIP Taman Siswa Bima
Keywords: Perancangan Aplikasi, Absensi, Berbasis Android

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang dan mengimplementasikan aplikasi absensi mahasiswa berbasis android untuk Dosen di STKIP Taman Siswa Bima. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development (R&D) dengan model pengembangan aplikasi yang digunakan adalah Waterfall. Subjek penelitian ini adalah Dosen STKIP Taman Siswa Bima dengan jumlah 11 orang yang terdiri dari 3 dosen PTI, 1 Dosen PGSD, 2 Dosen Penjaskrek, 2 Dosen Fisika, 2 Dosen Matematika dan 1 Dosen Bahasa Inggris. Jenis data dalam penelitian ini ada 2 yaitu (1) data validasi ahli media (2) data hasil uji coba. Pada teknik analisis data, data yang dianalisis yaitu lembar validasi ahli media dan lembar angket dosen dengan menggunakan skala likert. Hasil penelitian yang diperoleh dari lembar validasi ahli media yang dinilai oleh validator pada aspek aplikasi dan tampilan media yaitu 92,5% dengan kategori interpretasi kelayakan produk sangat layak untuk diuji coba. Sedangkan, hasil yang diperoleh dari lembar angket dosen yang dinilai oleh 11 dosen STKIP Taman Siswa Bima pada aspek penilaian kemudahan pengoperasian, efektivitas, dan efisiensi yaitu rata-rata 85,9% dengan kategori interpretasi angket sangat layak untuk digunakan.

References

Aka, K. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Sebagai Wujud Inovasi Sumber Belajar Di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2), 28–37.
Alhawiti, M. M., & Abdelhamid, Y. (2017). A Personalized e-Learning Framework. Journal of Education and E-Learning Research, 4(1), 15–21. https://doi.org/10.20448/journal.509.2017.41.15.21
Arkorful, V., & Abaidoo, N. (2014). The role of e-learning , the advantages and disadvantages of its adoption in Higher Education. International Journal of Education and Research, 2(12), 397–410.
Budiana, Sjafira, & Bakti. (2015). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Bagi Para Guru SMPN 2 Kawali Desa Citeureup Kabupaten Ciamis. Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 4(1), 59–62.
Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(I), 31–43.
Chulkov, D. V. (2017). On The Role Of Switching Costs And Decision Reversibility In Information Technology Adoption And Investment. Journal of Information Systems and Technology Management – JISTEM USP, 14(3), 309–321. https://doi.org/10.4301/S1807-17752017000300001
Dutta, N. (2016). Impact of Information Technology on Teaching-Learning Process Kaushik Bhakta. International Research Journal of Interdisciplinary & Multidisciplinary Studies (IRJIMS, 2(11), 131–138.
Ghavifekr, S., & Rosdy, W. (2015). Teaching and Learning with Technology : Effectiveness of ICT Integration in Schools Teaching and Learning with Technology : Effectiveness of ICT Integration in Schools. International Journal of Research in Education and Science (IJRES), 1(2).
Jethro, O. O., Grace, A. M., & Thomas, A. K. (2012). E-Learning and Its Effects on Teaching and Learning in a Global Age. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences January, 2(1), 203–210.
Lin, M., Chen, H., & Liu, S.-K. (2017). A Study of the Effects of Digital Learning on Learning Motivation and Learning Outcome. EURASIA Journal of Mathematics Science and Technology Education, 13(7), 3553–3564. https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.00744a
Panagiotidis, P., Krystalli, P., & Arvanitis, P. (2018). Technology as a Motivational Factor in Foreign Language Learning. European Journal of Education, 1(3), 43–52.
Sabzian, F., Gilakjani, A., & Sodouri, S. (2013). Use of Technology in Classroom for Professional Development. Journal of Language Teaching and Research, 4(4), 684–692. https://doi.org/10.4304/jltr.4.4.684-692
Serbia, A. (2015). The Importance Of Educational Technology In Teaching. (IJCRSEE) International Journal of Cognitive Research in Science, Engineering and Education, 3(1), 111–114.
Yusri. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Dengan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Peserta Didik Kelas X di SMAN 1 Dekai Kabupaten Yhukimo. Jurnal Ilmiah ILKOM, 8(1), 49–56.
Published
2019-09-23