Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Metode Quick On The Draw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Inpres Wora Dalam Tahun Pelajaran 2018/2019
Abstract
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan metode Quick On The Draw dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada materi kenampakan di bumi dan sumber daya alam. Pada siklus I ke siklus II masing-masing keaktifan belajar siswa sudah mengalami peningkatan sehingga rata-rata dari keseluruhan juga mengalami peningkatan yakni dari 61,4% menjadi 78,5%. Peningkatan hasil belajar pada siklus I ke siklus II rata-rata nilai mengalami peningkatan yakni dari 74,2 menjadi 81. Persentase ketuntasan belajar pada pada siklus I ke siklus II mengalami peningkatan yakni dari 72% menjadi 88%. Sedangkan pada ketuntasan belajar siswa, siswa yang tuntas pada siklus I yaitu 18 orang sedangkan yang tidak tuntas 7 orang. Dan pada siklus II, siswa yang tuntas yaitu 22 orang sedangkan yang tidak tuntas hanya 3 orang siswa saja. Dari hasil tersebut maka dapat dikatakan bahwa ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat di simpulkan bahwa dengan menggunakan metode Quick On The Draw dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Inpres Wora Dalam.
References
Kunandar. 2015. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Dan Kurikulum 2013).Jakarta: Rajawali Pers.
Lastri Surmayani, 2013. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Quick On The Draw Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 007 Kampung Baru Kabupaten Kuantan Singingi”. ”. Disertasi tidak diterbitkan. Pekanbaru : Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru
Mijil Widianingtias. 2013. “Meningkatkan Hasil Belajar IPS Menggunakan Media
Gambar Bagi Siswa Kelas IV MI Al-Fatah Kemutug Wadaslintang Wonosobo Jawa Tengah Tahun Ajaran 2012/2013”. Disertasi tidak diterbitkan. Jawa Tengah : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta
Purwanto. 2008 Evaluasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Copyright (c) 2019 Seminar Nasional Taman Siswa Bima
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.