Analisa Kemampuan Pragmatik Anak Usia Dini Di Kabupaten Bima

  • Ramdani Purnamasari STKIP Taman Siswa Bima
  • Muhammad Ghazali STKIP Taman Siswa Bima
Keywords: Kemampuan Pragmatik, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan jenis pelanggaran maksim anak usia dini, 2) mengidentifikasi perbedaan pelanggaran maksim anak usia dini, dan 3) mengidentifikasi penyebab terjadinya pelanggaran maksim anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah Deskriptif analitis. Sumber data diperoleh dari informan penelitian yaitu penutur usia dini yang terdiri atas anak usia 3, 4 dan 5 tahun yang tersebar di kecamatan Woha, Palibelo, Bolo, Sape dan Donggo Kabupaten Bima. Sampel sebanyak 40 data percakapan anak usia dini yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan metode simak dan metode cakap. Data dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan teori kerja sama Grice. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak usia 3 dan 4 tahun sama-sama melanggar empat jenis maksim, diantaranya; maksim kualitas, kuantitas, relevansi dan cara. Adapun anak usia 5 tahun melanggar tiga jenis maksim, diantaranya; maksim kualitatif, kuantitatif dan relevansi. Terdapat perbedaan pelanggaran maksim yang dilakukan oleh anak usia 3, 4 dan 5 tahun. Anak usia 3 tahun cenderung melanggar maksim kualitas dan relevansi, sedangkan anak usia 4 tahun cenderung melanggar maksim kualitas, adapun anak usia 5 tahun tampak mulai mematuhi maksim kerja sama, meskipun masih ditemukan beberapa pelanggaran maksim untuk topik-topik tertentu. Pelanggaran maksim yang dilakukan oleh anak usia dini lebih disebabkan oleh pengetahuan yang tidak memadai.

References

Chaer, A. (2003). Psikolinguistik : Kajian Teoritik. Jakarta: Rieneka Cipta.
Gunawan, A. (2007). Pragmatik: Teori dan Kajian Nusantara. Jakarta: Universitas Atmajaya.
Mahsun. (2013). Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: Rajawali Press.
Rahardi, R. K. (2005). Pragmatik: Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Sudaryanto. (1990). Aneka Konsep Kedataan Lingual dalam Linguistik. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.
Sudaryanto. (1993). Metode Linguistik ke Arah Memahami Metode Linguistik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Wahab, L. O. A. (2013). Pemerolehan Pragmatik Anak Usia 2 dan 3 Tahun. Jurnal Al-Ta’dib STAIN Kendari, 6(2).
Wijana, I. D. P. (1996). Dasar-Dasar Pragmatik. Yogyakarta: Andi Offset.
Yule, G. (2006). Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Published
2019-09-23