Pengaruh Kompetensi Kepribadian Terhadap Etos Kerja Guru Olah Raga Di SMP Negeri 1 Woha Kabupaten Bima
Abstract
Salah satu unsur pembentuk kompetensi profesional guru adalah tingkat komitmennya terhadap profesi yang didukung oleh tingkatan kemampuan guru menggunakan kompetensi kepribadianya. Kompetensi kepribadian ini sangat penting dalam melaksanakan tugas-tugas keguruan. Tingkatan ini akan menjadi lebih baik lagi jika disertai dengan etos kerja guru yang mencerminkan profil orang yang bisa digugu dan ditiru. Guru dengan tingkatan kompetensi kepribadian tinggi akan cendrung berfikir lebih abstrak, imajinatif, kreatif, dan demokratis. Guru seperti ini diyakini akan lebih fleksibel dalam melaksanakan tugas, bahkan memiliki hubungan yang baik dengan siswa dan teman sejawatnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Etos Kerja Guru Olah Raga di SMP Negeri 1 Woha. Metode penelitian yang digunakan dalam peneltian ini adalah sebuah metode penelitian yang disebut metode deskriptif statistik, karena data yang di peroleh bersifat kuantitatif yang berupa angka-angka di dalam analisis statistik. Untuk keperluan tersebut penulis menggunakan rumus Korelasi Product Moment. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru yang mengajar Olah Raga Terpadu di SMP Negeri 1 Woha yang berjumlah 6 orang. Dalam penelitian ini akan dilakukan penggambaran mengenai keterkaitan antara pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Etos Kerja Guru Olah Raga di SMP Negeri 1 Woha. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Etos Kerja Guru Olah Raga di SMP Negeri 1 Woha, hal ini berdasarkan Nilai r hitung sebesar 0,999 yang berada di atas r tabel sebesar 0,811 untuk taraf signifikansi 5%. Kesimpulannya adalah ada pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru terhadap Etos Kerja Guru Olah Raga di SMP Negeri 1 Woha.
References
Arikunto, Suharsimi. 1997., Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta. Jakarta
_______, 2001., Prosedur Penelitian. Rineka Cipta. Jakarta
Bachtiar, Hamzah. 1989. Psyikologi Pengajaran. Remaja Rosdakarya. Bandung
Bimo, 2001. Metode Penelitian Komunikasi. Remaja karya. Bandung
Depdikbud, 1985., Program Akta Mengajar V-B Komponen Dasar Kependidikan. UT. Jakarta
Habulo Zakir. 3 september 2013. Etos Kerja Guru. www.Belajar Berbasis Blog.com. diperoleh 3 September 2013.
Hasibuan,M.S.P. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara. Jakarta.
Hunt, Gilbert H. 1999., Effektif Teaching, Preparation and Implementation. Charles C. Thomas Publisher. Illionis
Hussein, 1997. Statistik Inferensial. Surabaya. Usaha Nasional.
Mitchel,T.R dan Larson. Effektif Teaching, Preparation and Implementation. Thomas Publisher. Illionis
Mu’niah, 2008., Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Etos Kerja Guru Olah Raga di SMP Negeri 5 Jonggat tahun Pelajaran 2008/2009.
Poerwanto. 1989., Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Remaja Rosdakarya. Bandung
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia: edisi ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Roestiyah, Dede. 2007., Paradigma Pendidikan Demokratis, Sebuah Model Pelibatan Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Kencana Prenada Media Group. Jakarta
Soedijarto, 1993., Memantapkan Sistem Pendidikan Nasional. Gramedia. Jakarta
Stone, David R. 1982., Educational Psychology:The Development of Teaching Skills. Harper & Row Publisers. New york
Sudjana, Nana. 1998., Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algesindo. Bandung
Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Administrasi : dengan Metode R &D. Bandung : Alfabeta.
………….., (2007). Memahami Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif . Bandung : Alfabeta
Sudaman,2001. Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar : Jakarta: Pt Gramedia.
Suryadi, Ace. 1992., Pendidikan Investasi SDM dan Pembangunan Isu Teori dan Aplikasi. Balai pustaka. Jakarta
Suryabrata, 2001. Metodelogi Penelitian. Jakarta, Raja Grafindo Persada
Syah, Muhibbin. 1995., Psikologi Pendidikan, Suatu Pendekatan Baru. Remaja Rosdakarya. Bandung
Thoifuri. 2008. Menjadi Guru Inisiator.RaSAIL.Semarang.
Uno, Hamzah B. 2008., Profesi Kependidikan : Problema, Solusi dan Reformasi Pendidikan di Indonesia. Bumi aksara. Jakarta
Usman, Moh. Uzer. 2002., Menjadi Guru Profesional. Remaja Rosdakarya. Bandung
Wahjosumidjo. (1992). Kepemimpinan dan motivasi. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Webster News World Dictionary of mamerican Language, 1980. 4 september 2013. www. Dictinary of mamerican Language Blog.com. diperoleh 4 September 2013.
Copyright (c) 2019 Seminar Nasional Taman Siswa Bima
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.