Pengaruh Model Pembelajaran Open-Ended Problem terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMAN 3 Kota Bima Tahun Pelajaran 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Open-ended Problem terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar fisika siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental. Pengambilan sampel dilakukan melalui teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-posttes control group. Data yang digunakan adalah kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar fisika siswa. Kemampuan berpikir kritis dari tes essay sedangkan hasil belajar diperoleh dari tes pilihan ganda dari nilai posttest. Kelayakan instrumen pengambilan data didasarkan pada validitas ahli dan validitas product moment dan reliabilitas menggunakan alpha cronbach. Teknik pengujian prasyarat analisis menggunakan uji normalitas Kolmogorov-Smirnov serta uji homogenitas Levene test, sedangkan teknik pengujian hipotesis menggunakan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukan bahwa taraf signifikansi = 0,000 (< 0,05) maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Open-ended Problem terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar fisika pada siswa kelas X MIA SMAN 3 Kota Bima tahun pelajaran 2018/2019.
References
Eggen, Paul dan Kauchak, Don. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir Edisi Keenam. Jakarta: PT Indeks Permata Puri Media
Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Inggun, Ferdinand. 2016. Pengaruh Model Pembejaran Problem Open Ended terhadap berpikir keritis dan hasil belajar Fisika Siswa SMPN 2 LABUAPI. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. Vol. 2, 5.
Johnson. 2014. Practical Comunication Skill. Jakarta: PT Elex Media Komputindo
Muhsinin, Ummil. 2013. Pendekatan Open-Ended Pada Pembelajaran Matematika. Edu-Math Vol.4.
Mundilarto.2010. Penilaian Hasil Belajar Fisika. Yogyakarta : P2IS
Pratinuari, Karina. 2013. Keefektifan Pendekatan Open-Ended Dengan Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif. Unnes Journal of Mathematics Education Vol. 2(1), edisi Mei. pp. 106-113. Diakses tanggal 15 Febuari 2019
Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rahma, A.N. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri Berpendekatan SETS Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan untuk menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Empati Siswa Terhadap Lingkungan. Journal of Education Research and Evaluation. Vol.1 No. 2. Tahun 2012: 133-138. Diakses tanggal 15 Febuari 2019
Ruslan, A. S. dan Santoso. 2013. Pengaruh Pemberian Soal Open-Ended Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Jurnal Kreano Jurusan Matematika FMIPA UNNES Vol.4 (2), edisi Desember. pp. No. 139-150. Diakses tanggal 15 Febuari 2019
Setyosari, Punaji. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujana, Nana. 2010. Dasar-dasar Proses belajar. Bandung: Sinar Baru
Surya, Hendra. 2013. Cara Belajar Orang Genius Study Hard Belumlah Cukup Tanpa Didukung Study Smart. Jakarta: PT Elex Media Komentindo.
Widana, M. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Berorientasi Pemecahan Masalah Open-Ended Problem Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kintamani. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Vol.4. 2. Diakses tanggal 24 Febuari.
Copyright (c) 2019 Seminar Nasional Taman Siswa Bima
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.