Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Fisika Siswa Ditinjau dari Gender

  • Sulasmi STKIP Taman Siswa Bima
  • Agustinasari STKIP Taman Siswa Bima
  • Endang Susilawati STKIP Taman Siswa Bima
Keywords: Inkuiri Terbimbing, Gender, Keterampilan Berpikir Kritis Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inqury) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa ditinjau dari gender. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen (eksperimen semu) dengan desain Pretest Posttest Nonequivalent Control Group Design. Variabel dalam penelitian ini model inkuiri terbimbing sebagai variabel bebas, keterampilan berpikir kritis siswa sebagai terikat dan gender sebagai variabel moderat. Subjek penelitian yaitu siswa kelas XI SMAN 1 Monta, kelas XI IPA1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 32 siswa dan XI IPA2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 32 siswa yang dipilih dengan teknik porpusive sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes objektif bentuk essay yang telah diuji validitas menggunakan dua validitas ahli. Berdasarkan hasil analisis data tes awal diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 56 dan kelas kontrol sebesar 52. Hasil tes akhir menunjukan rata-rata kelas eksperimen sebesar 82 dan kelas kontrol sebesar 76 dengan rata-rata n-Gain pada kelas eksperimen sebesar 59 dan kelas kontrol sebesar 50. Sementara jika ditinjau dari gender nilai rata-rata siswa laki-laki dan perempuan berbeda. Berdasarkan nilai n-Gain nilai rata-rata yang diperoleh siswa perempuan lebih tinggi baik pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan analisis kovarian nilai signifikansi hitung model pembelajaran sebesar 0,001 < 0,005 sedangkan jika ditinjau dari faktor gender, nilai signifikansi hitung faktor gender sebesar 0,107> 0,005. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa tanpa dipengaruhi oleh faktor gender.

References

Asriyadin. (2017). Panduan Penulisan Prosiding STKIP Taman Siswa Bima. Bima: LPPM Taman Siswa Bima.
Azis, A., Yulianti, D., & Handayani, L. (2006). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Memanfaatkan Alat Peraga Sains Fisika (Materi Tata Surya) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kerjasama Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 4(2), 94–99. https://doi.org/10.15294/jpfi.v4i2.162
Dwi, dkk. 2012. Peran Media Animasi Dengan Metode Pembelajaran Time Token Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar. Unnes Journal Of Biology Education. Hal 70-74.ISSN 2252-6579. Di unduh dari http//:Journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujbe pada Tanggal 30 Maret 2019.
Ildayanti. 2017. Hubungan Kemampuan Berpikir Kritias Siswa Dan Kesadaran Metakognitif Dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMAN di Kabupaten Pinrang. Skripsi Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
Kurniawati, I.D., Wartono, dan Diantoro, M. 2014. Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Integrasi Peer Instruction terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan FisikaIndonesia. Vol 1 Nomor 10. Hal 96-102
Kindy Nurul. 2015. Perbandingan Model Pembelajaran Jigsaw dengan Group Investigation untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Sub Konseop Sistem Indera . Skripsi Unpas Bandung.
Mira Azizah.2018.Analisis Keterampilan Berpikir KritisSiswa Sekolah Dasar Pada PembelajaranMatematika Kurikulum 2013.Jurnal Penelitian PendidikanVol. 35 Nomor 1. Hal 61-70
Mislinawati, dkk. 2018. Kendala Guru Dalam Menerapkan Model Pembelajaran Berdarakan Kurikulum 2013. Jurnal Pesona Dasar Vol 6 Nomor 2.
Nita. 2014. Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Sejarahb Siswa Di SMAN 7 Cirebon.Jurnal Vol 3 No 2. Hal 103-109
Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Rusmawan. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Kerja Ilmiah dan Berpikir Kritis Siswa di Kalimantan Barat. Laporan Kemajuan Penelitian Kerjasama Antar Perguruan Tinggi. Di unduh dari https//:www. academia. Education. problematika guru dalam menerapkan model pembelajaran.ac.id pada Tanggal 2 Mei 2019.
Roni Wahyuni, Hikmawati, Muhammad Taufik. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017.Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (ISSN. 2407-6902) Volume II No 4, Oktober 2016, Hal 164-169
Sanjaya, W. 2011.Sanjaya, W. 2011. Strategi PembelajaranBerorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Suhartini dan Adeta Martyanti. 2017. Meningkatkan KemampuanBerpikir Kritis PadaPembelajaran GeometriBerbasisEtnomatematika.Jurnal Gantang Vol. II, No. 2. Hal 105-111
Wina. 2014. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Wildan Hidayat, Muhammad Taufik, Gunawan. 2019.Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training Berbantuan Multimedia Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik.Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi.Volume 5 No.1, Juni 2019 Hal 1-6.
Pustaka yang digunakan berupa pustaka 10 tahun terakhir. Penulisan daftar pustaka mengikuti aturan APA 6th edition.
Published
2019-10-11