Efektifitas Penggunaan Open Ended terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPA

  • Muhamad Ajwar STKIP Taman Siswa Bima
  • Hardiansyah STKIP Taman Siswa Bima
  • Mariamah STKIP Taman Siswa Bima
  • Syahriani Yulianci STKIP Taman Siswa Bima
Keywords: Open Ended, Kreativitas

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan pembelajaran open-ended untuk kemampuan pemecahan masalah mahasiswa pada mata kuliah Konsep Dasar IPA SD pada jurusan PGSD di STKIP Taman Siswa Bima. Adapun manfaat dari penelitian ini adalah dapat menjadi alterlatif bagi dosen untuk menerapkan metode open ended serta dapat mengembangkan kemampuan pemecahan masalah. Jenis penelitian ini adalah penelitian ekperimen. Adapun desain penelitian adalah pemberian pre test sebelum perlakukan dan postest setelah perlakuan untuk kelas kontrol dan kelas ekperimen. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, kelas yang pertama dijadikan sebagai kelas eksperimen dan kelas yang kedua dijadikan sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan secara random sapling. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah intrumen tes. Uji coba inturmen dilakukan pada mahasiswa yang bukan merupakan sampel penelitian untuk mengukur validitas dan reliabilitas. Penganalisian data menggunakan uji-t, dengan syarata menguji terlebih dahulu normalitas dan homogenitas. Hasil perhitungan dengan menggunakan SPSS. 16 dengan jenis uji independen test nilai t hitung (equal variance assumed) adalah 14,35 untuk aspek kemmapuan pemecahan masalah mahasiswa dibandingkan denga t tabel sebesar 2,039. Sehingga kesimpulan dari hasil uji t adalah Ha diterima dan Ho ditolah (open ended berpengaruh terhadap kemampuan pemecahna masalah mahasiswa.

References

Ariani, dkk. (2014). Pengaruh Implementasi Open-Ended Problem dalam Pembelajaran

Matematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dengan Pengendalian Kemampuan penalaran abstrak. Jurnal program pascasarjana universitas pendidikan Ganesha dan evaluasi pendidikan Vol 4: 1-11 dst.

Arsad HS, Dwi NS, Winanda Marito. 2013. Pendekatan Open Ended Problem. Prosiding Seminar Nasional.

Huda, M. (2015). Model-model pengajaran dan pembelajaran isu-isu metodis dan

paradigmatis. Jogjakarta: Pustaka Pelajar.

Lestari dan Yudhanegara. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT

Refika Aditama

Polya, G. (1985). How to Solve it. Princeton, New Jersey: Princeton University Press

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: ARRUZZ Media

Suherman, Erman dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer.

Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Supinah. 2010. Pembelajaran Berbasis Masalah Matematika SD. Modul Matematika SD

Program Bermutu: Kementerian Pendidikan Nasional.

Published
2019-09-23