Pengembangan Model Pembelajaran Karakter ESD untuk Meningkatkan Sikap Abad 21 Siswa SMA

  • Amran, Ismail Jasin, Magfirah Perkasa, Muhammad Satriawan, Muhammad Irwansyah STKIP Taman Siswa Bima
Keywords: Model Karakter ESD Pendidikan untuk pengembangan berkelanjutan Sikap abad 21

Abstract

Indonesia akan memperoleh bonus demografi usia produktif jumlah paling besar sepanjang sejarah pada tahun 2045. Pengembangan model pembelajaran karakter berorientasi pendidikan untuk pengembangan berkelanjutan dengan tujuan untuk membentuk generasi emas yang berkarakter dapat menjadi salah satu inovasi pendidikan yang diharapkan dapat memberikan penguatan serta mewujudkan cita-cita Indonesia untuk menghasilkan generasi emas pada tahun 2045. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran karakter ESD yang layak, praktis dan efektif untuk meningkatkan sikap abad 21 siswa yang layak untuk digunakan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan yang diadaptasi dari model pengembangan Dick & Carey yang dimodifikasi menjadi lima tahap yaitu: studi pendahuluan; analisis; perancangan; pengembangan; dan penyebaran. Instrumen pengumpulan data meliputi lembar validasi, lembar penilaian diri dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Model pembelajaran karakter ESD memiliki sintaks kumpulkan, rembukkan, analisis, komunikasikan dan terapkan; 2) Model pembelajaran karakter ESD yang dikembangkan layak digunakan dengan kategori sangat baik dan efektif untuk meningkatkan sikap abad 21 siswa SMA.

References

Agus, C. (2016, Mei 10). Pendidikan untuk Generasi Emas. Harian Bernas, hal. 4.
Amran, A., Perkasa, M., Satriawan, M., Jasin, I., & Irwansyah, M. (2019). Assessing students 21st century attitude and environmental awareness: promoting education for sustainable development through science education. Journal of Physics: Conference Series, 1157(2), 022-025.
Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2001). The Systematic Design of Instruction (Fifth Edition ed.). Florida: Addison-Wesley Educational Publishers Inc.
Dongoran, F. R. (2014, April). Paradigma Membangun Generasi Emas 2045 Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan. Jurnal Tabularasa PPs UNIMED, 11(1), 61-76.
Evans, J., & Graff, E. (2012). Promoting Environmental and Cultural Awareness through Experiential Learning. The International Journal of Sustainability Education, 1, 1-13.
Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement vs traditional methods: a six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66(1), 64-74.
HEPS. (2004). Learning and Skills for Sustainable Development: Developing a sustainability literate society. London: Severnprint.
Irwansyah, M., & Ariyansyah, A. (2019). PERANGKAT PEMBELAJARAN BIOLOGI BERORIENTASI PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN SIKAP DAN PENGETAHUAN SISWA. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 22(1), 94-102.
Jollands, M., & Parthasarathy, R. (2013). Developing Engineering Students’ Understanding of Sustainability Using Project Based Learning. Sustainability, 5, 5052-5066.
Kereluik, K., Mishra, P., Fahnoe, C., & Terry, L. (2013). What Knowledge Is of Most Worth: Teacher Knowledge for 21st Century Learning. Journal of Digital Learning in Teacher Education, 29(4), 127-140.
Mehra, V., & Kaur, J. (2010). Effect of Experiential Learning Strategy on Enhancement of Environmental Awareness among Primary School Students. Indian Educational Review, 47(2), 30-44.
Micangeli, A., Naso, V., & Matrisciano, A. (2014). Attitudes toward Sustainability and Green Economy Issues Related to Some Students Learning Their Characteristics: A Preliminary Study. Sustainability, 6, 3484-3503.
Perkasa, M., & Aznam, N. (2016). Pengembangan SSP Kimia Berbasis Pendidikan Berkelanjutan untuk Meningkatkan Literasi Kimia dan Kesadaran Terhadap Lingkungan. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(1), 46-57.
Redman, E. (2013). Advancing Educational Pedagogy for Sustainability: Developing and Implementing Programs to Transform Behaviors. International Journal of Environmental & Science Education, 8(1), 1-34.
Sipos, Y., Battisti, B., & Grimm, K. (2008). Achieving Transformative Sustainability Learning: Engaging Head, Hands and Heart. International Journal of Sustainability in Higher Education, 9(1), 68-86.
UNESCO. (2002). Teaching and Learning for A Sustainable Future. Australia: Griffith University Publisher.
Published
2019-09-23