Pengaruh Pembelajaran dengan Metode Teaching at The Right Level (TaRL) Terhadap Kemampuan Literasi Dasar Siswa

  • Syarifudin Syarifudin STKIP Taman Siswa Bima
  • Syahriani Yulianci STKIP Taman Siswa Bima
  • Suriya Ningsyih STKIP Taman Siswa Bima
  • Mila Septian Haryati STKIP Taman Siswa Bima
  • Mariamah Mariamah STKIP Taman Siswa Bima
  • Irfan Irfan STKIP Taman Siswa Bima
Keywords: Gemar Literasi, Pembelajaran TaRL, Kemampuan Literasi Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pembelajaran dengan metode Teaching at The Right Level (TaRL) melalui program Gerakan Masyarakat Sadar Literasi (Gemar Literasi) STKIP Taman Siswa Bima terhadap kemampuan literasi dasar siswa pada sekolah sasaran di Kecamatan Langgudu. Penelitian ini melibatkan 107 siswa kelas III di Kecamatan Langgudu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini menemukan adanya peningkatan kemampuan literasi dasar siswa sebagai dampak dari aplikasi metode TaRL pada pembelajaran literasi dasar di sekolah. Kemampuan literasi dasar siswa level pemula terjadi penurunan dari 8,41% ke 2,80% yaitu sebesar 5,61%. Penurunan juga terjadi pada level huruf sebesar 14.34%, level kata sebesar 9,35%, level paragraf sebesar 3,74%. Peningkatan signifikan terjadi pada level cerita sebesar 32,72% yaitu dari 37,38% menjadi 70,10%. Penelitian ini merekomendasikan agar pembelajaran TaRL dapat diduplikasi ke semua sekolah yang ada di Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat.

References

[1]Lalu, A. A. (2022). Pengaruh Program Maulana Terhadap Profesionalisme Guru Dan Kemampuan Literasi Dasar Siswa. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 40–53. https://doi.org/10.37216/badaa.v4i1.578
[2]UNDP (2020). Human Development Report 2020.https://hdr.undp.org/content/human-development-report-2020 diakses pada 1 Agustus 2020
[3]Balitbang Kemdikbud. (2019). Laporan Nasional PISA 2018. http://repositori.kemdikbud.go.id/16742/1/Laporan%20Nasional%20PISA%202018%20Indonesia.pdf diakses pada 10 Agustus 2022
[4]Badan Pusat Statistik. (2021). https://www.bps.go.id/pressrelease/2021/11/15/1846/indeks-pembangunan-manusia--ipm--indonesia-tahun-2021-mencapai-72-29--meningkat-0-35-poin--0-49-persen--dibandingkan-capaian-tahun-sebelumnya--71-94-.html diakses pada 10 Agustus 2022
[5]https://bimakab.bps.go.id/indicator/26/61/1/indeks-pembangunan-manusia.html diakses pada 10 Agustus 2022
[6]Erfan, M., Maulyda, M. A., Affandi, L. H., Rosyidah, A. N. K., Oktaviyanti, I., & Hamdani, I. (2021). Identifikasi wawasan literasi dasar guru dalam pembelajaran berbasis level kemampuan siswa. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 1-18.
[7]Undang-Undang No 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Kemdikbud
[8]Pusmendik (2022). https://pusmendik.kemdikbud.go.id/profil_pendidikan/profil-wilayah.php diakses pada 10 Agustus 2022
[9]Safitri, I., Nurhasanah, N., & Setiawan, H. (2022). Profil Kemampuan Literasi Dasar Peserta Didik Kelas IV di SDN Mentokan Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b), 574–578. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2b.556
[10]Narbuko, Cholid, & Achmadi, A. (2015). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Bumi Aksara
Published
2022-08-23