Profil Kemampuan Literasi Membaca Peserta Didik Di SDN Doro O’o Kecamatan Langgudu

  • Syahriani Yulianci STKIP Taman Siswa Bima
  • Suriya Ningsyih STKIP Taman Siswa Bima
  • Syarif Husni STKIP Taman Siswa Bima
  • Mila Septian Haryati STKIP Taman Siswa Bima
  • Syarifudin Syarifudin STKIP Taman Siswa Bima
  • Anisah Anisah STKIP Taman Siswa Bima
  • Ahyar Ahyar STKIP Taman Siswa Bima
  • Nurjumiati Nurjumiati STKIP Taman Siswa Bima
Keywords: Literasi, Membaca, TaRL

Abstract

Kemampuan literasi merupakan hal yang sangat penting untuk ditingkatkan. Kemampuan literasi akan berpengaruh serta menjadi faktor utama pendukung kemampuan-kemampuan lainnya. Penelitian deskriptif kuantitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi peserta didik sekolah dasar di SDN Doro O’o kecamatan Langgudu. Subjek penelitian berjumlah 55 peserta didik yang terbagi ke dalam empat kelas yaitu kelas I, kelas II, kelas III, dan kelas IV. Instrumen penelitian menggunakan tes lisan. Tes lisan yang digunakan bertujuan untuk mengukur level membaca peserta didik. Terdapat lima level kemampuan literasi antara lain level pemula, huruf, kata, paragraf, dan level cerita. Analisis data mengggunakan analisis persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi membaca peserta didik di SDN Doro O’o di dominasi pada level pemula sebanyak 47 %, level huruf 25 %, level kata 11 %, level paragraf 10 %, dan level cerita 7 %. Sehingga dari data ini diharapkan agar kemampuan literasi membaca peserta didik lebih meningkat melalui pembelajaran yang berbasis literasi.

References

Abdul Rozak, R. W., & Mulyati, Y. (2018). Sastra Dongeng dalam Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 45. https://doi.org/10.33603/deiksis.v5i1.860
Almadiliana, Heri, H. S., & Heri, S. (2021). Hubungan antara Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Peserta didik Kelas IV. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 57–65. https://jurnal.educ3.org/index.php
Aprilliansyah, A., Zahara, F., & Seprianto, R. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Pada Anak Sekolah Dasar di SDN 13 / 1 Rengas Condong. 4, 37–39.
Erfan, M., Maulyda, M. A., Affandi, L. H., Rosyidah, A. N. K., Oktaviyanti, I., & Hamdani, I. (2021). Identifikasi Wawasan Literasi Dasar Guru Dalam Pembelajaran Berbasis Level Kemampuan Peserta didik. Jurnal DIDIKA : Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 1–18. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/didika/article/view/3520
Fitriani, S. N. (2022). Analisis Peningkatan Kemampuan Literasi Peserta didik Dengan Metode ADABTA Melalui Pendekatan TARL. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 69–78. https://doi.org/10.37216/badaa.v4i1.580
Hadayani, D. O., Delinah, & Nurlina. (2020). Membangun Karakter Peserta didik Melalui Literasi Digital Dalam Menghadapi Pendidikan Abad 21 (Revolusi Industri 4.0). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 21, 999–1015.
Masitoh, S. (2018). Blended Learning Berwawasan Literasi Digital Suatu Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan Membangun Generasi Emas 2045. Proceedings of The ICECRS, 1(3), 13–34. https://doi.org/10.21070/picecrs.v1i3.1377
Mubarokah, S. (2022). Tantangan Implementasi Pendekatan TaRL (Teaching at the Right Level) dalam Literasi Dasar yang Inklusif di Madrasah Ibtida’iyah Lombok Timur. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar , 4(1), 54. https://doi.org/10.37216/badaa.v4i1.582
Nainggolan, M., Tanjung, D. S., & Simarmata, E. J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2617–2625.
Nuranjani, N., Widiada, I. K., & Setiawan, H. (2022). Profil Kemampuan Literasi Membaca Peserta Didik Kelas III SDN 2 Kuta. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 387–393. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2.511
Published
2022-08-23