Analisis Kemampuan Literasi Membaca Peserta Didik Melalui Pembelajaran TaRL pada Program Gemar Literasi Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini merupakan deskriptif kuantitatif dengan tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh pembelajaran TaRL terhadap literasi membaca peserta didik SD. Model penelitian yang diterapkan menggunakan proses pemebelajaran TaRL (Teaching at the Right Level). Model pembelajaran ini dikelompokan berdasarkan level pengetahuannya. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas I sampai kelas IV dengan jumlah peserta didik sebanyak 374 untuk 6 sekolah di SD Kecamatan Monta Kabupaten Bima dan menggunakan teknik total sampling. Untuk mengukur kemampuan literasi membaca peserta didik yaitu dengan cara tes lisan. Kemampuan literasi membaca peserta didik dalam penelitian ini dibagi menjadi lima level yaitu: (1) Level Pemula,(2) Level Huruf, (3) Level Kata, (4) Level Paragraf, (5) Level Cerita. Berdasarkan data yang diperoleh pada level pemula sebesar 100 % peserta didik telah naik level, Pada level huruf sebesar 6% peserta didik telah naik level, kemudian pada level kata sebesar 47% peserta didik telah naik level, sedangkan level paragraf terjadi penambahan peserta didik sebanyak 12 orang, untuk level cerita sebesar 213% peserta didik telah naik level. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran TaRL dapat berpengaruh meningkatkan kemampuan literasi membaca peserta didik dengan persentase sebanyak 78% peserta didik telah mengalami peningkatan level kemampuan membaca
References
Frahmadia, F., Djuanda, D., & Sudin, A. (2017). Penerapan Metode TaRL (Tim Arsitek Lanskap) Menggunakan Media Bks (Buku Kerja Siswa) Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Petunjuk Denah. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 1601-1610.
Harsiati, T. (2018). Karakteristik soal literasi membaca pada program pisa. Jurnal Litera, 17(1), 90-106.
Kemendikbud. 2017b. Konsep Dasar Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta.
Meishanti, O. P. Y., & Fitri, N. A. R. A. (2022). Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp) Inspiratif Pendekatan TaRL Berbasis PjBL MELALUI PEMBELAJARAN LITERASI SAINS MATERI VIRUS. EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, dan Teknologi, 8(1), 1-13.
Nuranjani, N., Widiada, I. K., & Setiawan, H. (2022). Profil Kemampuan Literasi Membaca Peserta Didik Kelas III SDN 2 Kuta. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 387-393.
Ramadhani, Aulia W. (2019). LITERASI MEMBACA SISWA SD NEGERI MANGKUBUMEN KIDUL 16. (Skripsi), UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA.
Ray, A., & Margaret, W. (Eds.). (2003). PISA Programme for international student assessment (PISA) PISA 2000 technical report: PISA 2000 technical report. oecd Publishing.
Rosyidah, A. (2021). Tipologi Manusia Dalam Evaluasi Pendidikan: Perspektif Al-Qur’an Surat Fatir Ayat 32. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(1), 1-17.
Rosyidah, A. N. K., Husniati, H., Widodo, A., & Khair, B. N. (2022). PERSEPSI GURU TERHADAP IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN LITERASI NUMERASI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SDN DAREK LOMBOK TENGAH. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 5(1), 53-58.
SMERU Research Institute (2018). Sintesis Hasil Studi Diagnostik Pembelajaran Pendidikan Dasar di Enam Kabupaten Mitra INOVASI di Provinsi Nusa Tenggara Barat
Sukmadinata (2010). Metode Penelitian Pendidikan (edisi keenam). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tim INOVASI (SAC). (2021). Penilaian dan Pengelompokan Kemampuan Literasi.
Copyright (c) 2022 Prosiding Semnas INOVASI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.