Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Materi Lingkaran Siswa Kelas VIII-B SMP Pancasila Rora Ditinjau Dari Karakteristik Siswa

  • Rikardus Deni, Muslim, Nanang Diana STKIP Taman Siswa Bima

Abstract

Adapun tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan bagaimana Kemampuan Berpikir Kreatif siswa dalam Menyelesaikan Soal Lingkaran Kelas VIII-B SMP Pancasila Rora ditinjau dari Karakter Kecerdasan Persepsi Dan Retensi Matematis siswa. Metode dalam penelitian ini adalah desktiptif kualitatif, instrumen yang digunakan adalah tes uraian yang terdiri dari 2 soal. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah tiga siswa terpandai kelas VIII-B SMP Pancasila tahun pelajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pencapaian indikator dari soal nomor 1 dan 2 siswa yang memiliki karakter kecerdasan matematis  memiliki tingkat flexibilitas yang lebih tinggi. Sedangkan siswa yang memiliki karakter retensi matematis memiliki tingkat kebaruan yang lebih tinggi dan untuk siswa yang memiliki karakter persepsi dan retensi matematis memiliki tingkat kefasihan yang lebih tinggi. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa yang memiliki karakter kecerdasan matematis  lebih unggul kemampuan kreatifitasnya dibandingkan siswa dengan karakter retensi matematis dan siswa dengan dua karakter yaitu persepsi dan retensi matematis.

References

Dewanti, S. 2009. “Keefektifan Perpaduan PCL dan Pelatihan Metakognitif dalam Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika”. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Vol. 13, No. 1, hal. 21-37.
Diana, N.(2017). Creativity Of Student In The Opened Mathematics Problem Solving In Terms Of Learning Styles. Proceedings Published The Faculty Of Matematics And Natural Science Yogyakarta University (ME.67-74).
Hudojo &Evans (2009). Proses Berpikir Kreatif Siswa Dalam Memecahkan Masalah Terbuka.jurnal pedagogia, 4(1), 23-33.
Kuswana, Wowo Sunaryo. (2011) Taksonomi Berpikir. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Liliawati dan Puspita (2010: 426).Aspek kemampuan berpikir kreatif dan penjenjangan kemampuan berpikir kreatif, ramngkuman dari tulisanSilver (2009:78) dan Siswono (2010).
Milles dan Huberman dalam Sugiyono (2014: 246-253). teknik analisis data kualitatif
Moleong, Lexy J. (2011) Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nur Inti Kana “Analisis Tingkat Kreativitas Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Di SMP Islam Tanen Rejotangan Tulungagung Kelas VIII A Tahun Pelajaran 2011/2012”.
Widayani. 2011. Hubungan antara Persepsi Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika dengan Hasil Belajar Matematika Kelas X MA NU Mangkang. (Skirpsi). Semarang: IAIN Walisongo
Yulita Noviyansari (2012). “Analisis berpikir kreatif Siswa Dalam Memecahkan Masalah terbuka Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent Pada Siswa Kelas VII E MTsN Jambewangi Selopuro Blitar”.
Published
2019-09-23