Peningkatan Self-Efficacy Mahasiswa pada Mata Kuliah Writing IV Melalui Pembelajaran Generatif Berbasis Masalah Terbuka
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan self efficacy mahasiswa semester IV mahasiswa program studi pendidikan Bahasa Inggris di STKIP Taman Siswa Bima melalui penerapan pembelajaran generatif berbasis masalah terbuka. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain two group pretest-postes. Mahasiswa yang dipilih sebagai populasi sekaligus sampel penelitian adalah mahasiswa semester IV yang hanya satu kelas (akan dibagi dua kelompok). Sebelum menerapkan pembelajaran generatif berbasis masalah terbuka terlebih dahulu diberikan tes awal (preetest) untuk mengetahui self efficacy mahasiswa dalam membuat/menyusun karya tulis. Kemudian dilaksanakan pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran generatif berbasis masalah terbuka pada mata kuliah writing yang dilaksanakan selama enam kali pertemuan dan dipertemuan ke tujuh diberikan posttes. Analisis data untuk mengujian hipotesis digunakan uji-t pada taraf signifikan 5% dan dk = n1+N2-2 (30-2) dengah syarat Ha diterima jika nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel. hasil penelitian menunjukan bahwa Nilai t tabel dengan N1+N2-2=28 sebesar 1,7011. Jika dibandingkan dengan t hitung 5,866. Dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Penggunaan pembelajaran generatif berbasis masalah terbuka berpengaruh terhadap kepercayaan diri mahasiswa
References
Moma, La. 2012. Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Pembelajaran Generatif Siswa SMP. PROSIDING ISBN : 978-979- 16353-8-7. Makalah dipresentasikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika dengan tema ” Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa" pada tanggal 10 November 2012 di Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY
Rachmawati, E.Y. (2012). Hubungan Antara Selfefficacy dengan Kematangan Karir pada Mahasiswa Tingkat Awal dan Tingkat Akhir di Universitas Surabaya. Calyptra:Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya. [Online].Tersedia:http://jour al.ubaya.ac.id/index.p hp/jimus/article/view/30. [28 Agustus 2018].
Setiadi, R. (2010). Self-Efficacy In Indonesian Literacy Teaching Context: A Theoretical and Empirical Perspective. Bandung: Rizqi Press.
Siti Mawaddah, Hana Anisah. 2015. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) Di SMP. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 3, Nomor 2, Oktober 2015, hlm 166 - 175 166.
Sriwiani, Y. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Generatif dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Dan Komunikasi Matematik Siswa SMA. Tesis S2. Universitas Pendidikan Indonesia: Bandung. http://repository.upi.edu/10339/. Diakses, 13 Agustus 2018.
Utami Munandar. 2002. Anak Unggul Berotak Prima. Jakarta: PT. Gramedia.
Wena, M. 2013. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.