Permainan Tradisional Mpa’a Amba Sebagai Strategi Meningkatkan Kemampuan Estimasi Matematika Pada Materi Aritmetik Sosial

  • Amirumukminin STIE Bima
  • Kartin Aprianti STIE Bima
Keywords: Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Estimasi Matematika, Permainan Tradisional Mpa’a Amba

Abstract

Suatu masyarakat bangsa memilki suatu budaya masing-masing, salah satunya adalah masyarakat Bima. Beberapa diantaranya kebudayaan dapat digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan kemampuan dalam matematika. Salah satunya adalah permainan tradisional Mpa’a Amba sebagai strategi untuk meningkatkan kemampuan estimasi matematika siswa SMP kelas VII pada Aritmetika Sosial. Dan hasilnya diperoleh bahwa permainan tradisonal Mpa’a Amba sangat bagus  untuk meningkatkan kemampuan estimasi matematika siswa. Hal itu diukur dan dilihat dari nilai pre test dan post test yang meningkat hingga 233,33%. Tidak hanya itu, siswa juga merespon dengan baik kehadiran permainan tradisional Mpa’a Amba sebagai strategi pembelajaran dengan peroleh presentase respon positif siswa mencapai 96,47 %.

References

Aulia, N.R. 2013. Dalam Dimensi Busana Bercadar Perempuan Bima. Jurnal Studi Al-Qur’a: Membangun Tradisi Berfikir Qur’ani. Vol. 9 , No. 2 , Tahun. 2013.
Borich, Gray D. (1994). Observation Skill for Effective Teaching. New York: Macmillan Publishing Company.
Grouws D.A. 1992. Handbook for Research on Mathematics Teaching and Learning. New York: Macmillan Publishing Company
Hake, R. R. (7 Maret 2007). Design-based research in physics education. ttp://www.physics.indiana.edu/~hake/DBR-Physics3.pdf.
Ismail. Hilir dan Malingi. Alan. 2012. Mpa’a Nge’e dan Mpa’a Kali Amba. Website Romantika Mbojo. (https://alanmalingi.wordpress.com/2012/05/10/mpaa-nggee-dan-kali-amba/).
Kartono, K, 2008. Kamus lengkap psikologi. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Muh Rizal. 2011. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Estimasi Berhitung Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Pendidikan Dan Penerapan Mipa Fakultas Mipa Universitas Negeri Yogyakarta 14 Mei 2011pm-29.
Post, T.R., 1992. Teaching Mathematics in Grade K-8 Massachusetts: Allyn and Bacon.
Ratumanan, G.T. dan Laurens. (2006). Evaluasi hasil yang relevan dengan memecahkan problematika belajar dan mengajar. Bandung:CV Alfabeta
Ridwan. (2010). Skala pengukuran variabel-variabel penelitian. Bandung: Alfabeta.
Siswono. T.Y.E dan Rizal. Muh (2010). Kemampuan estimasi guru sekolah dasar dalam operasi hitung. Forum kependidikan, volume 30, nomor 1, Juni 2010. Pp. 69-78.
Published
2019-09-23